Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio Haryanto Start dari Posisi Ke-22 dan Catat Posisi Dua Besar 'Speed Trap'

By Delia Mustikasari - Sabtu, 14 Mei 2016 | 21:13 WIB
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, berpose seusai menjalani sesi latihan pertama GP Spanyol, di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Jumat (13/5/2016). (MANOR RACING)

Rio Haryanto akan mengawali balapan GP Spanyol di Sirkuit de Barcelona-Catalunya pada posisi ke-22 setelah menyelesaikan sesi kualifikasi di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, Sabtu (14/5/2016).

Pebalap Manor Racing asal Indonesia tersebut berhasil mencatatkan putaran 1 menit 25, 939 detik. Rekan satu timnya, Pascal Wehrlein berada di posisi ke-21 dengan mencatat putaran tercepat 1 menit 25,745 detik.

Rio dan Wehrlein harus tersisih pada kualifikasi pertama bersama empat pebalap lain, yakni Felipe Nasr (Sauber), Marcus Ericsson (Sauber), Felipe Massa (Williams), dan Jolyon Palmer (Renault).

Meskipun tersisih di kualifikasi pertama, kedua pebalap Manor ini kembali berada di urutan teratas pebalap yang mencatat speed trap.

Pada sesi kualifikasi kedua yang berlangsung selama 15 menit giliran enam pebalap yang tidak melanjutkan kiprahnya. Keenam pebalap tersebut, yakni Nico Hulkenberg (Force India), Jenson Button (McLaren), Daniil Kvyat (Toro Rosso), Romain Grosjean (Haas), Kevin Magnussen (Renault), dan Esteban Gutierrez (Hass).

Baca Juga:

Tiga menit menjelang sesi berakhir, Nico Rosberg (Mercedes) masih berada di posisi pertama pebalap tercepat. Sebanyak 10 pebalap yang tersisa saling berebut meraih posisi terbaik.

Lewis Hamilton (Mercedes) mempercepat putarannya pada tikungan ke-10. Dia kemudian menambah kecepatan dengan menyelesaikan satu putaran dalam 1 menit 22,000 detik dan memastikan diri meraih posisi terdepan.

Dia unggul atas rekan satu timnya, Rosberg. Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) berada di urutan ketiga pebalap tercepat.

Ricciardo selanjutnya akan menempati baris kedua bersama rekan satu timnya yang baru dipindah dari tim Toro Rosso, Max Verstappen (Belanda).

Balapan akan berlangsung Minggu (15/5/2016) mulai pukul 19.00 WIB.