Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gelandang Swansea Absen karena Tugas Militer

By Suryo Wahono - Sabtu, 14 Mei 2016 | 11:45 WIB
Striker Swansea City, Andre Ayew (kedua dari kiri), melakukan selebrasi usai mencetak gol pembuka kemenangan timnya atas Liverpool di Stadion Liberty, Minggu (1/5/2016) malam WIB. (GEOFF CADDICK/AFP )

Manchester City akan bertandang ke markas Swansea City untuk pertandingan terakhir musim ini. Sergio Aguero dkk mungkin akan menghadapi lawan yang lebih mudah. Pasalnya, Ki Sung-Yueng dipastikan absen karena menjalani tugas militer di Korea Selatan.

Gelandang berumur 27 tahun itu akan berada di negaranya untuk berlatih selama empat pekan bersama tim Korsel U-29. Menurut aturan militer Korsel, masa tugas yang harus diselesaikan adalah selama 18 bulan.

Kendati begitu, Ki mendapat keringanan karena dia adalah anggota dari tim peraih medali perunggu Olimpiade 2012. Dia juga bakal absen dalam laga-laga pramusim.

Ada kekhawatiran dari klub bahwa langganan Timnas Korsel sejak U-17 itu tak akan punya cukup waktu mempersiapkan diri untuk menyambut Premier League musim depan.

Untuk mengatasi hal ini, Swansea memberikan mantan gelandang Celtic tersebut waktu liburan agar bisa beristirahat.

Sementara itu, Lukasz Fabianski juga bakal absen karena sedang dipersiapkan menghadapi ajang Piala Eropa 2016.

"Fabianski sedang berlibur karena punya tugas di Piala Eropa, sedangkan Ki karena menjalankan tugas militer. Mengingat (Ki) harus bertugas selama empat pekan, kami menyadari waktu istirahat bagi dia sangat kurang. Kami ingin dia libur lebih lama," kata manajer Francesco Guidolin seperti dikutip Mirror.

Guidolin akan bertahan lebih lama di Swansea. Dia belum lama ini telah memperpanjang durasi kontrak selama dua tahun.