Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Legenda Bulu Tangkis Malaysia Minta Negaranya Lupakan Piala Thomas

By Diya Farida Purnawangsuni - Kamis, 12 Mei 2016 | 17:30 WIB
Legenda bulu tangkis Malaysia, Rashid Sidek, tengah mempersiapkan raket sebelum memulai memimpin latihan di AirAsia Badminton Academy, Kuala Lumpur, Malaysia. (DOK THE MALAY MAIL ONLINE)

Legenda bulu tangkis Malaysia, Rashid Sidek, meminta negaranya untuk melupakan mimpi memenangi Piala Thomas 2016. Menurut dia, hanya Lee Chong Wei yang mampu memberi poin kemenangan.

"Line-up pemain kami lemah. Tidak mungkin kami bisa mencapai babak final. Akan menjadi prestasi besar jika kami bisa sampai ke babak semifinal," kata Sidek yang dilansir The Malay Mail Online, Kamis (12/5/2016).

Pada Piala Thomas 2014, Malaysia, yang formasi pemainnya tidak banyak berubah, berhasil membuat kejutan dengan menjadi runner-up.

Lee dkk kalah 2-3 dari Jepang pada babak final yang digelar di Siri Fort Sports Complex, New Delhi, India, 25 Mei tahun lalu.

Namun, fakta tersebut sepertinya tidak cukup untuk membangkitkan optimisme Sidek terhadap skuat Piala Thomas Malaysia tahun ini.

Sebaliknya, Sidek berharap Lee tidak terlalu memaksakan diri pada kejuaraan ini, mengingat pemain nomor dua dunia itu masih punya misi meraih medali emas pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro yang hanya berjarak tiga bulan dari Piala Thomas.

Pada dua edisi Olimpiade terakhir, Beijing 2008 dan London 2012, Lee harus puas meraih medali perak setelah dikalahkan salah satu rival sejatinya, Lin Dan (China).

"Chong Wei tidak butuh banyak peningkatan performa, permainannya sudah aman, tetapi seiring dengan usia yang terus bertambah, menjaga kondisi fisik pada level tinggi menjadi krusial," ujar Sidek.

Malaysia akan memulai perjalanan pada Piala Thomas 2016 dengan menjalani laga babak penyisihan Grup C melawan Korea Selatan, Inggris, dan Jerman.