Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Soal Kecepatan, Manuel Neuer Kalah dari Kiper Tim Peringkat Ke-15

By Anju Christian Silaban - Kamis, 12 Mei 2016 | 12:10 WIB
Penjaga gawang Eintracht Frankfurt, Lukas Hradecky, melakukan penyelamatan saat timnya menang 2-1 atas SV Darmstadt 98 pada lanjutan Bundesliga di Merck-Stadion am Böllenfalltor, 30 April 2016. (Facebook Eintracht Frankfurt)

 Eintracht Frankfurt boleh saja tertahan di peringkat ke-15 klasemen Bundesliga. Namun, menilik kecepatan, penjaga gawang mereka, Lukas Hradecky, mampu mengungguli pemain Bayern Muenchen, Manuel Neuer.

Menurut Opta, Hradecky mampu berlari dengan kecepatan 32,8 kilometer per jam. Dia sekaligus tercatat sebagai penjaga gawang paling cepat pada Bundesliga 2015-2016.

Catatan tersebut diambil ketika Hradecky meninggalkan gawang untuk memotong serangan. Seperti halnya Manuel Neuer, Hradecky melakoni fungsi sweeper-keeper.

Meski sering meninggalkan sarangnya, Neuer tidak masuk daftar lima besar penjaga gawang tercepat di Bundesliga.

Apabila dibandingkan dengan pemain non-kiper, kecepatan Hradecky tentu masih terpaut jauh. Tengok saja daftar pemain tercepat Bundesliga yang dirilis Bild, Januari 2016.

Di urutan pertama, ada pemain sayap Bayern, Kingsley Coman, dengan catatan 35,06 kilometer per jam. Striker Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, mengekor di posisi kedua berbekal kecepatan 34,89 kilometer.

Kecepatan Hradecky juga tidak berbanding lurus dengan keamanan gawang Frankfurt yang bergetar sebanyak 51 kali pada musim ini. Hanya tiga tim di zona merah mencatatkan kemasukan lebih banyak.

Hradecky sendiri hanya melakukan 73 penyelamatan dalam 31 pertandingan. Untuk aspek ini, dia tidak masuk daftar sepuluh besar di kompetisi kasta teratas Jerman.