Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kapan Real Madrid Punya Tim Wanita?

By Ade Jayadireja - Rabu, 11 Mei 2016 | 15:50 WIB
Para pemain Real Madrid merayakan gol ke gawang Manchester City dalam laga semifinal kedua Liga Champions, di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (4/5/2016) waktu setempat. (GERARD JULIEN/AFP)

Dominasi Real Madrid di Spanyol tak bisa dibantah. Tim berjulukan Los Blancos itu masih memegang rekor sebagai peraih titel terbanyak La Liga (32). Namun, bagaimana dengan tim wanita mereka?

Madrid adalah satu dari 4 tim di Spanyol yang belum memiliki pasukan wanita. Tiga tim lainnya adalah Getafe, Las Palmas, dan Celta Vigo.

Padahal, mayoritas klub-klub besar di Eropa memiliki skuat wanita. Hal tersebut membuat kelompok suporter wanita Real Madrid angkat bicara.

"Kami bertanya-tanya mengapa Real Madrid, yang notabene klub teratas di dunia olahraga, masih tidak menyadari fakta bahwa perempuan sepenuhnya terintegrasi ke dalam dunia sepak bola," demikian isi pernyataan mereka.

Baca juga:

Keresahan hati para srikandi Madrid mendapat tanggapan positif dari Presiden La Liga, Javier Tebas. Ia berjanji akan ikut membantu agar talenta wanita di Madrid tertampung.

"Saya yakin pihak-pihak lain juga akan ingin terlibat dalam gerakan perempuan ini," kata Tebas.

Kompetisi sepak bola wanita di Spanyol sudah digulirkan sejak 1988. Levante, Athletic Bilbao, FC Barcelona, dan Anorga KKE adalah pemilik gelar terbanyak dengan sama-sama memiliki 4 titel.

[video]https://video.kompas.com/e/4883288893001_ackom_pballball[/video]