Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tim Indonesia Bertekad Bawa Pulang Piala Thomas

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 9 Mei 2016 | 15:41 WIB
Tim Thomas Indonesia berpose di Pelatnas Bulu Tangkis, Cipayung, Jakarta, Senin (9/5/2016). (ARTISTA LUSHAR NOVA/JUARA.NET)

Target tinggi diusung tim Indonesia pada Kejuaraan Piala Thomas 2016 yang berlangsung di Kunshan Sports Center Stadium, Kunshan, China, 15-22 Mei. Tahun ini, tim Indonesia bertekad membawa pulang trofi supermasi tersebut.

Kapten tim Hendra Setiawan mengatakan bahwa dia sangat optimistis dengan kekuatan skuad Merah-Putih tahun ini.

Diisi kombinasi pemain senior dan junior, Hendra yakin Indonesia mampu mengulang cerita apik pada Kejuaraan Beregu Asia 2016 yang berlangsung di Hyberabad, India, medio Februari.

Kejuaraan tersebut merupakan ajang kualifikasi menuju putaran final Piala Thomas tahun ini.


Tim Thomas Indonesia Memegang Trofi Juara Kejuaraan Beregu Asia yang merupakan kualifikasi Piala Thomas Uber di Gachibowli Stadium, Minggu (22/2/2016).(BADMINTON INDONESIA)

"Saya yakin dengan tim ini. Adanya pengalaman juara di India menjadi alasan. Saya yakin kami bisa lebih baik lagi," tutur Hendra saat konferensi pers Piala Thomas-Uber di pelatnas bulu tangkis, Cipayung, Jakarta, Senin (9/5/2016).

Tim Thomas Indonesia akan memulai perjuangan dengan menjalani laga penyisihan Grup B bersama India, Thailand, dan Hong Kong.

Di atas kertas, Indonesia yang menjadi unggulan berpeluang besar memenangi semua pertandingan penyisihan grup tersebut.

Namun, Hendra enggan bersikap arogan. "Di atas kertas, Indonesia memang lebih baik. Tapi bagi saya, kekuatan hampir sama. Lawan pertama nanti, Hong Kong, juga merata. Tapi ya, kami memang harus bisa menang," kata peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 itu.

Pada Piala Thomas 2014, laju Indonesia terhenti pada babak semifinal. Kala itu, Indonesia dikalahkan Malaysia 0-3.