Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Tunggal Mata Bawa Man United Raih Poin Penuh di Carrow Road

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 7 Mei 2016 | 21:06 WIB
Selebrasi gol gelandang Manchester United, Juan Mata, usai sukses bobol gawang Norwich City pada laga Premier League 2015-2016 di Stadion Carrow Road, Norwich, Inggris, Sabtu (7/5/2016). (MIKE HEWITT/GETTY IMAGES)

Manchester United berhasil menjaga asa masuk ke zona empat besar untuk meraih satu tuiket ke Liga Champions musim depan usai mengalahkan Norwich City di Stadion Carrow Road, Sabtu (7/5/2016). Gol kemenangan Setan Merah sukses dicetak oleh Juan Mata.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Norwich harus tampil lebih banyak di bawah tekanan. Hal tersebut membuat The Canaries kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Man United mampu menguasai 67 persen kepemilikan bola sepanjang pertandingan. Jumlah tersebut juga berbanding lurus dengan peluang yang didapat kedua tim.

Setan Merah melepaskan 13 kali percobaan ke gawang Norwich. Namun, eksekusi serta penyelesaian akhir yang tidak prima membuat sebagian besar peluang tersebut terbuang dan hanya ada dua yang tepat sasaran.

Namun, pada awal pertandingan justru Norwich yang berhasil memiliki peluang pertama. Melalui percobaan dari Cameron Jerome pada menit ke-4, hampir saja gawang Man United bobol andai David De Gea tidak cekatan menghalau bola.

Peluang emas pertama United baru hadir pada menit ke-29 melalui tandukan bek Chris Smalling memanfaatkan umpan tendangan penjuru Juan Mata. Namun, bola sundulannya itu masih sedikit melayang di atas mistar gawang Norwich.

Pada babak kedua, penampilan Man United semakin mendominasi. Peluang emas pertama yang didapat tim arahan Louis van Gaal itu didapat pada menit ke-65 melalui tandukan Marcos Rojo yang lagi-lagi tidak tepat sasaran.

Baru pada menit ke-72, United berhasil membobol gawang Norwich. Berawal dari aksi individu Rooney, bola berhasil diberikan kepada Mata yang berdiri bebas di dalam kotak penalti dan sukses melesakkan bola ke gawang John Ruddy.

Beberapa peluang berhasil kembali didapatkan oleh kedua tim yang sebagian besar dimiliki oleh United melalui Morgan Schneiderlin dan Memphis Depay. Namun, hingga akhir pertandingan skor 1-0 untuk Setan Merah tidak berubah.

Hasil ini membuat peluang Man United untuk berebut posisi di zona Liga Champions tetap terbuka. Setan Merah kini mengumpulkan 63 poin dan hanya tertinggal satu angka dari Manchester City dengan sisa dua pertandingan.