Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pedrosa Angkat Suara soal Isu Pindah ke Yamaha

By Delia Mustikasari - Sabtu, 7 Mei 2016 | 18:33 WIB
Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, berbicara dalam wawancara eksklusif dengan KOMPAS.com di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/2/2016). (PIPIT PUSPITA RINI/JUARA.NET)

Tim Movistar Yamaha bersemangat untuk memiliki pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa sebagai partner Valentino Rossi, menggantikan Jorge Lorenzo untuk musim depan. Lorenzo akan bergabung dengan Ducati pada musim 2017-2018.

Pedrosa pernah sekali menjuarai balapan kelas 125cc dan dua kali juara pada nomor 250cc bersama tim Telefonica Movistar Honda JR dalam kurun waktu 2003-2005.

Pebalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales diprediksi akan menggantikan Lorenzo. Tetapi penawaran nilai kontrak yang tinggi membuat Yamaha membuat perubahan mendadak soal pebalap yang terpilih.

"Situasi seperti ini sudah saya rasakan sejak dua pekan lalu di Jerez. Saya mendapat lebih dari satu atau dua penawaran di atas meja," kata Pedrosa seperti dilansir Motorsport.

Sebelumnya, Rossi berasumsi bahwa pihak Yamaha menginginkan pebalap asal Spanyol sebagai rekan satu timnya dan pilihannya adalah Vinales dan Pedrosa.

Namun, sumber di Honda mengatakan bahwa Pedrosa bukan satu-satunya pilihan untuk musim 2017. Mereka juga tidak memiliki bukti bahwa Pedrosa memilih beralih ke Yamaha.

Saat ini Pedrosa dan rekan satu timnya, Marc Marquez sedang dalam proses negosiasi dengan Honda untuk melanjutkan kerja sama. Kontrak Pedrosa dan Marquez akan berakhir pada akhir musim nanti.