Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Iannone Ungguli Lorenzo, Rossi di Urutan Ke-7

By Delia Mustikasari - Sabtu, 7 Mei 2016 | 16:25 WIB
Pebalap Ducati, Andrea Iannone sedang memacu motornya ketika mengikuti sesi latihan bebas pertama GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Jumat (7/5/2016). (MIRCO LAZZARI/GETTY IMAGES)

Pebalap Ducati asal Italia, Andrea Iannone, berhasil unggul atas pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, pada sesi latihan bebas ketiga GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Sabtu (7/5/2016).

Iannone total melakukan 20 putaran dari total 20 putarannya pada sesi tersebut yang berlangsung selama 45 menit. Putaran terbaiknya, 1 menit 32, 528 detik, didapat saat melakukan percoban ke-20 atau 5 detik jelang sesi berakhir.

Iannone lebih cepat dari Lorenzo 0,5 detik. Pol Espargaro dari Monster Yamaha Tech 3 menjadi pebalap tercepat ketiga.

Rekan satu tim Lorenzo, Valentino Rossi berhasil memperbaiki putaran waktunya dari sesi latihan bebas kedua. Pada sesi latihan kedua, Rossi tertahan di posisi ke-10, kali ini dia berada di posisi ke-7.

Pada sesi latihan kali ini pebalap berjulukan The Doctor itu memilih tidak menggunakan ban soft untuk bagian belakang motor.

Sesi ketiga ini juga diwarnai sejumlah kecelakaan. Pebalap Ecstar Suzukki, Aleix Espargaro terjatuh pada tikungan ke-14. Dia tidak mengalami cedera dan bisa melanjutkan sesi.

Ketika sesi sudah berlangsung selama 20 menit, pebalap Marc VDS asal Spanyol, Tito Rabat tergenlincir ke lintasan pasir (gravel) dan kondisinya baik-baik saja.

Setelah sesi berlalu 16 menit lalu, Lorenzo menjadi pebalap tercepat dengan putaran tercepat 1 menit 33, 383 detik. Pada sesi latihan kedia, dia mencatat putaran tercepat 1 menit 32, 830 detik.

Dua pebalap di belakangnya adalah Iannone dan Valentino Rossi. Namun, Iannone berhasil merebut keunggulan Lorenzo untuk menjadi yang tercepat pada sesi ketiga.

Pebalap yang masuk 10 pencatat waktu tercepat hasil akumulasi latihan bebas pertama hingga ketiga berhak ikut kualifikasi kedua yang akan berlangsung nanti malam.