Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Catatan Khusus Perihal Produktivitas Barcelona

By Minggu, 8 Mei 2016 | 08:27 WIB
selebrasi Trio MSN setelah mencetak gol kedua pada pertandingan La Liga antara FC Barcelona dan Sporting Gijon di Camp Nou, 23 April 2016. (ALEX CAPARROS/GETTY IMAGES)

Kemenangan 2-0 atas Real Betis, akhir pekan kemarin semakin mendekatkan FC Barcelona ke tangga juara Primera Division La Liga 2015-16. Namun, ada catatan khusus perihal produktivitas Lionel Messi dkk.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

 “Kami tinggal berjarak dua kemenangan lagi,” begitu kata Ivan Rakitic, pencetak gol pembuka Barca di Benito Villamarin, saat diwawancarai Marca usai pertandingan melawan Betis.

Tambahan tiga angka di pekan ke-36 La Liga itu memastikan jarak poin Barca dengan Atletico Madrid tak berubah.

Keduanya masih sama-sama tertahan di angka 85, sedangkan Real Madrid terpaut satu angka dan berada di peringkat ketiga klasemen sementara.

Secara matematis, ketiganya memang masih sangat mungkin merebut status el campeon.

Namun, dengan keunggulan head to head, sesuai aturan La Liga untuk menentukan tim yang bertotal nilai sama, Barca akan dinobatkan sebagai juara apabila di garis finis nanti punya nilai identik dengan Atletico maupun Madrid.

Karena itu, wajar apabila dengan sisa dua pekan menuju tutup musim, Rakitic menyatakan bahwa sepasang kemenangan cukup untuk mengantar Blaugrana bertakhta.

Ya, tak akan ada teori apa pun yang bisa mencegah Barca merebut gelar ke-24, selama mereka memenangi dua jadwal ke depan.

“Saya tak pernah mengatakan bahwa kami sudah menjuarai liga. Kami masih harus melakukan pekerjaan rumah, yakni memenangi dua laga tersisa. Tim ini harus menitikkan fokus pada sepak bola kami sendiri dan menyikapi kedua pertandingan seperti melawan Betis,” ujar Luis Enrique di situs resmi klub.