Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ambisi Klopp Hentikan Dominasi Spanyol di Eropa

By Ade Jayadireja - Kamis, 5 Mei 2016 | 17:21 WIB
Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, menghadiri konferensi pers jelang laga leg kedua semifinal Liga Europa kontra Villarreal di Melwood Training Ground, Liverpool, Inggris, 4 Mei 2016. (CLINT HUGHES/GETTY IMAGES)

Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp, mengusung ambisi besar. Ia ingin menghentikan monopoli Spanyol di panggung Eropa.

Dua tim dari Negeri Matador sudah dipastikan lolos ke final Liga Champions 2015-2016, yakni Real Madrid dan Atletico Madrid. Sementara itu, Sevilla dan Villarreal menjadi dua wakil tersisa Spanyol di Liga Europa.

Klopp, yang akan mendampingi Liverpool dalam leg kedua semifinal kontra Villarreal pada Kamis (5/5/2016), berharap timnya meraih hasil positif agar klub Spanyol di final kompetisi Eropa tidak bertambah.

"Apabila kami tidak bisa mendobrak mereka, mungkin akan semakin banyak tim Spanyol di final Eropa," ujar Klopp dilansir Liverpool Echo.

Baca juga:

"Semoga kami bisa ke final dengan membawa bendera Inggris," kata juru taktik asal Jerman itu.

Namun, bukan perkara mudah bagi Liverpool untuk menyingkirkan Villarreal. Untuk bisa lolos ke laga pamungkas, mereka harus menang dua gol dan tidak boleh kebobolan guna membalas kekalahan 0-1 pada pertemuan pertama.

"Kalau kami mengeluarkan kemampuan terbaik, maka kami akan ke final," ujar Klopp.

Sudah 3 tahun wakil Inggris absen di final Liga Europa. Klub terakhir yang melakukan itu adalah Chelsea pada 2013. The Blues keluar sebagai kampiun usai menumbangkan Benfica.