Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ranieri: Kejutan Klub Kecil Hanya Terjadi 20 Tahun Sekali

By Verdi Hendrawan - Rabu, 4 Mei 2016 | 13:47 WIB
Manajer Leicester City, Claudio Ranieri (kanan), menyalami gelandang Manchester United, Juan Mata, usai kedua tim bentrok dalam laga Premier League 2015-2016 di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, pada 1 Mei 2016. (LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES)

Leicester City pada musim ini berhasil menjadi juara Premier League. Namun, Manajer Claudio Ranieri percaya bahwa hal tersebut tidak akan kembali terjadi pada beberapa musim berikut.

Ranieri yakin bahwa Premier League akan kembali dikuasai oleh klub-klub besar dan kaya raya, yaitu Chelsea, Manchester City, Manchester United, Arsenal, dan Liverpool.

Bahkan, manajer berusia 64 tahun itu percaya tidak akan ada juara baru selain klub-klub tersebut selama 20 tahun ke depan.

"Jumlah uang yang besar akan membuat sebuah tim yang hebat dan biasanya merekalah yang akan menjadi juara. Musim depan akan kembali seperti itu dan juga pada 10 hingga 20 tahun ke depan," ucap Ranieri kepada BBC.

Baca Juga:

Hal ini diucapkan Ranieri setelah melihat hanya ada satu klub yang pada awalnya tidak diperhitungkan dan berhasil juara setiap 20 tahun sekali.

Contoh pertama terjadi pada 1978, di mana Nottingham Forest berhasil menjadi juara setelah pada musim sebelumnya baru promosi ke kasta tertinggi.

Contoh kedua terjadi pada 1995, di mana Blackburn Rovers berhasil menjadi yang terbaik setelah promosi tiga tahun sebelumnya.

"Berapa tahun yang dibutuhkan setelah Nottingham Forest menjadi juara sebelum Blackburn? Klub-klub terkaya atau yang mampu mendatangkan para pemain terbaik demi membentuk sebuah tim, merekalah yang akan menjadi juaranya," tutur Ranieri.

[video]https://video.kompas.com/e/4873457144001_ackom_pballball[/video]