Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

'Huth Beruntung Tidak Kehilangan Beberapa Gigi oleh Fellaini'

By Verdi Hendrawan - Senin, 2 Mei 2016 | 10:54 WIB
Cuplikan kejadian antara gelandang Manchester United, Marouane Fellaini, dengan bek Leicester City, Robert Huth, dalam laga Premier League 2015-2016 di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, pada Minggu (1/5/2016). (DOK. SKY SPORTS)

Manchester United berhasil menunda pesta Leicester City untuk menjuarai Premier League 2015-2016 setelah bermain imbang 1-1 di Stadion Old Trafford, Minggu (1/5/2016). Namun, friksi antara Marouane Fellaini dan Robert Huth pada laga tersebut mengundang perhatian. 

Selain tertundanya pesta bersejarah Leicester itu, pada laga tersebut juga diwarnai percekcokan antara bek Leicester, Robert Huth, dengan gelandang Man United, Marouane Fellaini, pada pertengahan babak pertama. Hal ini mengundang banyak perdebatan mengenai perilaku kedua pemain tersebut.

Huth yang tengah bertarung berebut bola dengan Fellaini, terlihat menjambak rambut pemain asal Belgia itu. Sedangkan Fellaini membalas perlakuan tersebut dengan sikutan yang mendarat telak di leher Huth.

Salah satu pundit Sky Sports, Greame Souness, ikut berkomentar tentang kejadian tersebut. Ia tidak merasa Fellaini layak mendapat sanksi atas perbuatan tersebut dan juga menyebut Huth sangat beruntung tidak kehilangan beberapa gigi dari kejadian tersebut.

"Ada sedikit percekcokan dan saya ingin mengatakan bawha Huth sangat beruntung, sama seperti Fellaini (terhindar dari sanksi)," ucap Souness.

"Huth beruntung karena ia terkena sikut di bawah dagu. Andai itu mengenai wajahnya, ia akan kehilangan beberapa gigi atau patah tulang hidung. Jika itu terjadi, saya tidak berpikir ia bisa melanjutkan pertandingan," katanya.

Dengan situasi yang ada, Souness menyebut kejadian itu sangat wajar terjadi. Terlebih kedua pemain tersebut memiliki keunggulan fisik untuk memenangkan duel perebutan bola itu.  

"Kejadian ini tidak membuat saya heran. Mereka berdua memiliki tubuh besar, agresif, dan sangat kuat terutama dalam duel udara," tutur Souness.

[video]https://video.kompas.com/e/4873496495001_ackom_pballball[/video]

Manajer Man United, Louis van Gaal, juga mengomentari kejadian tersebut sebagai reaksi yang normal dilakukan Fellaini. Bahkan, manajer asal Belanda itu menyebut Setan Merah seharusnya berhak mendapat penalti.