Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Status Menjadi Pengubah Nasib Valencia

By Sabtu, 30 April 2016 | 13:04 WIB
Selebrasi Paco Alcacer dengan Alvaro Negredo (#7) dan Javi Fuego setelah mencetak gol kedua dalam pertandinga La Liga Getafe CF kontra Valencia CF di Coliseum Alfonso Perez 24 April 2016. (DENIS DOYLE/GETTY IMAGES)

Musim Valencia sudah pasti berakhir. Secara realistis dan matematis sudah bisa dibilang begitu. Kompetisi La Liga 2015/16 menyisakan tiga partai lagi, tapi Valencia sudah tak punya kepentingan apa pun.

Penulis: Rizki Indra Sofa

Hasil imbang 2-2 kontra Getafe akhir pekan lalu yang menjadi penyebabnya. Valencia cuma bisa menambah satu poin.

Di sisi lain, Sevilla menang 2-0 di laga derbi Andalusia melawan Real Betis. Sementara itu, Athletic Bilbao meraih hasil imbang 2-2 melawan Levante.

Bilbao dan Sevilla adalah dua tim yang berada di atas Valencia di klasemen. Bilbao di peringkat ke-6 dengan 55 poin alias beda 11 poin dari Valencia di peringkat delapan.

Dengan menguasai peringkat ke-6 sampai saat ini, Bilbao adalah pemilik tempat terakhir ke ajang antarklub Eropa musim depan: Liga Europa.

Posisi ini menjadi incaran serta harapan terakhir Valencia, yang musim ini menjalani salah satu periode terburuk dalam rentang beberapa tahun.

"Saya mengerti jika orang mulai bilang musim ini adalah kegagalan besar. Kami sendiri, para pemain, yang pertama mengakui hal itu. Kami tak menutup-nutupi situasi tersebut," ucap penyerang Alvaro Negredo di Marca.


Dua penyerang Valencia, Alvaro Negredo (kanan) dan Santiago Mina, merayakan gol tim ke gawang Rapid Wien dalam laga babak 32 besar Liga Europa di Mestalla, 18 Februari 2016.(BIEL ALINO/AFP)

Tak ada kompetisi antarklub Eropa, tidak khawatir pula soal ancaman degradasi karena mereka sudah aman.