Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Reaksi Pemain Inter soal Gol Fiorentina yang Dianulir ke Gawang Juventus

By Beri Bagja - Senin, 25 April 2016 | 13:23 WIB
Para pemain Juventus merayakan gol ke gawang Fiorentina dalam pertandingan Serie A di Stadion Artemio Franchi, Florence, Italia, 24 April 2016. (GABRIELE MALTINTI/GETTY IMAGES)

Bagi para rival, laga yang melibatkan Juventus kerap mereka soroti bak di bawah mikroskop. Tak terkecuali duel sang juara bertahan Serie A di kandang Fiorentina, Minggu (24/4/2016).

Juventus menang 2-1 di markas Fiorentina sekaligus mendekatkan mereka dengan gelar juara musim ini. Di balik kemenangan tersebut, terselip kontroversi.

Saat laga memasuki menit ke-20, penanda skor di layar televisi sempat memberikan angka 1-0 untuk Fiorentina.

Hal itu terjadi setelah bola sepakan Federico Bernardeschi menggetarkan jala gawang Juventus yang dikawal Gianluigi Buffon.

Namun, gol dianulir wasit Paolo Tagliavento. Bernardeschi dianggap terjebak off-side ketika menerima umpan dari rekannya dalam proses penciptaan gol tersebut.

Berbagai reaksi muncul. Dari pihak yang kontra, gol itu dianggap sah karena posisi Bernardeschi tampak sejajar dengan bek terakhir di pertahanan Juventus.


Posisi pemain Fiorentina, Federico Bernardeschi, menjelang terciptanya gol dia yang dianulir wasit dalam duel lawan Juventus.(SPORT TISCALI)

Salah satu reaksi datang dari bek Inter Milan, Juan Jesus. Melalui akun Twitter, pemain Brasil itu menanggapi dengan ucapan "Mamma mia.." serta "saya menikmatinya" sebagai sindiran atas kontroversi yang menguntungkan Juve tersebut.

Keputusan anulir itu krusial karena andai disahkan, Fiorentina berhak memimpin lebih dulu atas Juventus.

Kejadian riil yang muncul justru sebaliknya. Juve unggul 1-0 berkat gol Mario Mandzukic 20 menit setelah insiden tersebut.