Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Dilarang Remehkan Penghuni Zona Merah

By Anju Christian Silaban - Sabtu, 23 April 2016 | 13:53 WIB
Pelatih FC Barcelona, Luis Enrique saat pertandingan La Liga antara RC Devortivo La Coruna dan FC Barcelona di Riazor Stadium 20 April 2016, La Coruna, Spayol. (DAVID RAMOS/GETTY IMAGES.)

 Pelatih Barcelona, Luis Enrique, mewaspadai kejutan dari tim-tim kecil menjelang La Liga 2015-2016 berakhir. Maklum, dua dari empat lawan sisa La Blaugrana merupakan penghuni papan bawah.

Terdekat, Barcelona akan melawan Sporting Gijon pada lanjutan La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (23/4/2016). Gijon kini tertahan di zona merah dengan koleksi 32 angka dari 34 laga.

Enrique tidak lantas jemawa menilik fakta di klasemen. Menurut dia, Gijon berpotensi memberikan kejutan karena motivasi untuk lolos dari jeratan degradasi.

"Selalu ada kejutan apabila Anda melihat sepuluh musim terakhir, terutama pada lima pekan pamungkas. Tim yan berada di papan bawah dituntut untuk menang," kata Enrique.

"Kami harus memastikan efek ini menimpa lawan lainnya, bukan Barcelona," tutur dia.

Setelah Gijon, Barcelona harus bertemu Real Betis, Espanyol, dan Granada. Dua tim pertama sudah meraih batas aman 40 poin, sedangkan Granada masih terpaut satu angka dari zona merah.

"Mereka adalah lawan menarik. Kami menargetkan untuk memenangi semua laga sisa," ucap Enrique.

Barcelona memang dilarang membuang poin untuk mengunci gelar juara liga. Mereka cuma unggul head to head atas Atletico Madrid dan satu poin atas Real Madrid.