Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Soal Doping dan Hadiah Uang, Christopher Rungkat Angkat Bicara

By Minggu, 24 April 2016 | 11:05 WIB
Petenis putra Indonesia, Christopher Rungkat, tampil pada laga perdana Piala Davis di lapangan tenis Manahan Solo. (GONANG SUSATYO/BOLA/JUARA.NET)

akhir ini, yakni doping dan diskriminasi hadiah uang.

Belakangan ini, dunia dikejutkan dengan kasus doping yang menimpa ikon tenis putri saat ini, Maria Sharapova.

Pemegang 5 titel Grand Slam itu dilarang bertanding setelah dinyatakan gagal tes doping saat turun pada turnamen Grand Slam Australia Terbuka tahun ini.

Saat menjalani tes doping, petenis berusia 28 tahun itu positif mengonsumsi meldonium.

Mengenai doping, Christo mengaku aturan yang ditetapkan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) memanglah kompleks.

“Aturan doping memang rumit, dan tiap tahun selalu berubah-rubah. Kita sebagai atlet harus tanggap agar tidak kecolongan,” ucap Christo saat ditemui Juara di Kawasan Senayan, beberapa hari yang lalu.

“Untuk itu kita harus bekerja sama dengan pelatih dan dokter, supaya tidak ada suplemen yang kita gunakan ternyata dilarang,” kata petenis berusia 26 tahun itu.

Isu hangat lainnya yang menimpa dunia adalah mengenai perbedaan hadiah uang untuk sektor putra dan putri bagi para juara turnamen.

Misalnya pada ajang Cincinnati Masters 2015, jumlah hadiah yang diterima Roger Federer saat menjadi juara adalah 731.000 dolar AS (sekitar 9,5 miliar rupiah).

Sementara hadiah yang didapat juara kategori wanita, Serena Williams hanya 495.000 dolar AS (sekitar 6,4 miliar rupiah).