Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

2 Wakil Tumbang, Indonesia Sisakan Harapan pada Della/Rosyita

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 22 April 2016 | 20:43 WIB
Pasangan ganda putri nasional, Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta, saat bertanding di babak pertama Thailand Masters 2016, Februari lalu. (BADMINTON INDONESIA)

Indonesia gagal menambah jumlah wakil pada babak semifinal China Masters 2016 yang berlangsung di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Jiangsu, 19-24 April.

Wakil Merah Putih pertama yang angkat kaki ialah pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Bertemu unggulan teratas dari Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong, pada babak perempat final, Jumat (22/4/2016), Fajar/Rian kalah dua gim langsung 13-21, 21-23.

Kekalahan ini kemudian menjalar ke pasangan ganda putri Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta.

Duet Tiara/Rizki harus mengakui keunggulan pasangan tuan rumah, Chen Qingchen/Jia Yifan, setelah melewati pertarungan rubber game, 21-11, 12-21, 9-21.

Tiara/Rizki sempat membuka peluang untuk lolos setelah memenangi gim pertama dengan mudah. Tetapi, asa ini kemudian memudar ketika mereka kalah pada gim kedua.

Memasuki gim ketiga, Tiara/Rizki semakin kehilangan irama permainan. Sejak awal, mereka sudah tertinggal 0-6 lalu 2-11 dari Chen/Jia.

Situasi ini membuat Tiara/Rizki tak bisa berbuat banyak. Setelah mencoba meladeni permainan Chen/Jia selama 55 menit, keduanya harus puas dengan hasil terbaik mencapai babak perempat final.

Dengan hasil ini, Indonesia hanya menyisakan peluang meraih gelar di China Masters 2016 dari pasangan ganda putri Della Destiara Harris/Rosyita Eka Putri Sari.

Della/Rosyita melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan wakil Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, 12-21, 25-23, 21-18.