Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mario Balotelli Kini Menjadi Pusat Permainan Milan

By Jumat, 22 April 2016 | 15:14 WIB
Aksi Mario Balotelli saat laga Serie A antara Sampdoria dan AC Milan di Stadio Luigi Ferraris Genoa, Italia, 17 April 2016. (MARCO LUZZANI/GETTY IMAGES)

Kenapa tak selalu bermain seperti itu, Balo? Harapan tersebut ditulis situs Milannews setelah Mario Balotelli tampil 90 menit melawan Sampdoria pada Minggu, 17 April 2016.

Penulis: Riemantono Harsojo

Selain debut Cristian Brocchi sebagai pelatih Milan yang berakhir dengan kemenangan 1-0, penampilan Balotelli menjadi fokus ulasan media-media di Italia setelah pertandingan pekan ke-33 di markas Sampdoria.

Balotelli tak mencetak gol, tetapi penampilan pemain berusia 25 tahun itu mendapat pujian.

La Gazzetta dello Sport menulis, Milan telah menemukan trequartista yang dicari, yaitu Balotelli.

Ya, faktanya selama 90 menit Balo lebih sering bermain sebagai gelandang serang ketimbang penyerang pendamping sang pencetak gol, Carlos Bacca.

"Pusat permainan Milan". Demikian penilaian La Gazzetta dello Sport mengenai peran Balotelli di partai melawan Sampdoria.

Statistik menjadi dasar penilaian media tersebut. Selama tampil 90 menit di Stadion Luigi Ferraris, Balotelli 64 kali menyentuh bola.

Dari jumlah tersebut, hanya satu yang terjadi di kotak penalti dan 32 terjadi di area trequartista.

Di awal pertandingan, Brocchi memasang pola 4-3-1-2 dengan Giacomo Bonaventura menjadi pemain penghubung antara lini tengah dan depan.

Faktanya, pada babak pertama pola Milan lebih sering menjadi 4-3-2-1 karena Balotelli kerap beroperasi di wilayah gelandang serang.

Di luar para pemain bertahan yang memang sering menyentuh bola, jumlah sentuhan Balotelli lebih banyak dari sutradara permainan Riccardo Montolivo (60 sentuhan), trequartista Bonaventura (59), dan gelandang Juraj Kucka (61).

Balotelli juga disebut sering berinisiatif melakukan aksi individu dan menembak, tetapi dari enam percobaan tak ada satu pun yang tepat sasaran.