Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Luis Enrique, dari Sesame Street hingga Malo

By Sabtu, 23 April 2016 | 10:54 WIB
Pelatih FC Barcelona, Luis Enrique, saat pertandingan La Liga antara RC Devortivo La Coruna dan FC Barcelona di Riazor Stadium 20 April 2016. (DAVID RAMOS/GETTY IMAGES.)

Pelatih FC Barcelona, Luis Enrique, adalah pribadi yang selalu berupaya mempererat tali ikatan relasi dengan anak asuhnya. Akan tetapi, Enrique yang penyayang kerap berganti rupa ketika berhadapan dengan awak media.

Penulis : Sem Bagaskara

Pada Jumat, 6 November 2015, Enrique mengajak seluruh pemain Blaugrana beserta sanak keluarga masing-masing mengunjungi taman hiburan Port Aventura.

Arena bermain yang terletak di sebelah selatan kota Barcelona itu memiliki lima area yang mengacu kepada sejumlah peradaban.

Contohnya seperti Mediterania, Far West (peradaban ala koboi di Amerika Serikat), Meksiko, China, Polinesia, sampai lingkungan ala kisah televisi populer asal Amerika Serikat, Sesame Street.

2003 - Tahun ketika Barcelona mengalami tiga kekalahan beruntun di La Liga bersama pelatih Louis van Gaal. Kejadian kekalahan konsekutif sebanyak itu baru terulang lagi musim ini bersama Luis Enrique.

Enrique menganggap hari santai bersama keluarga semacam ini adalah bagian dari sesi latihan. Jika Sesame Street meninggalkan kesan mendalam bagi personel El Barca, tak demikian halnya dengan Xavi Campos, jurnalis dari Radio Catalunya.

Kata Sesame Street memberikan kesan pahit buat Xavi Campos. Kejadiannya pada 3 Oktober tahun silam, usai laga Sevilla vs Barca (2-1).

Sang reporter ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari Enrique atas kekalahan itu.

Jawaban Enrique? "Apa yang anda pikirkan? Anda pikir ini Sesame Street?" seru Enrique kepada Xavi.


Pelatih Barcelona, Luis Enrique, mendampingi anak asuhnya dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions melawan Arsenal di Stadion Camp Nou, Spanyol, 16 Maret 2016.(LLUIS GENE/AFP)

Ketika kalah dari Sevilla, Enrique menyebut timnya telah membuang kemenangan. Eks pelatih AS Roma dan Celta Vigo itu merasa bahwa wartawan yang menanyainya sudah cukup pintar.

Menurutnya, mereka tak memerlukan penjelasan mendetail seperti dalam Sesame Street, serial edukasi untuk anak-anak.

Baru-baru ini, Enrique kembali menampakkan "sumbu pendeknya" kepada awak media. Pada pekan ke-33 La Liga 2015-2016, Barcelona kalah 1-2 dari Valencia di Camp Nou (17/4/2016).

Karena hasil itu, Barca selalu keok dalam tiga partai La Liga beruntun. Akibatnya, jarak lebar yang sempat memisahkan mereka dari dua saingan di jalur juara, Atletico Madrid dan Real Madrid, mendadak kian menipis.

Embusan napas Atletico dan Madrid seperti kian terasa di leher penggawa Barca.