Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Federer Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Swiss

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 22 April 2016 | 18:10 WIB
Petenis tunggal putri Swiss, Roger Federer (tengah), berfoto dengan plakat nama jalannya seusai acara seremoni yang digelar di Biel, Swiss, Kamis (21/4/2016) waktu setempat. (YAHOO SPORTS)

Petenis legendaris Swiss, Roger Federer, mendapat kehormatan dari negaranya. Melalui seremoni yang digelar di Biel, Swiss, Kamis (21/4/2016), nama Federer resmi diabadikan menjadi nama jalan.

Rencananya, nama jalan 'Allee Roger Federer' tersebut akan berlokasi di antara Swiss Tennis Centre Tissot Arena, yang dijadwalkan dibuka pada 2017, dan Champs-de-Boujean.

Pemilihan lokasi ini tidak lepas dari sejarah Federer yang pernah menjalani latihan tenis di wilayah itu saat masih kecil.

"Saya sangat terharu. Saya tidak pernah menyangka akan melihat nama saya menjadi nama jalan. Saya berharap akan ada juara-juara di masa depan di Allee Roger Federer. Terima kasih banyak," tutur Federer kepada swissinfo.ch yang dilansir Yahoo Sports, Jumat (22/4/2016).

Bagi Federer, ini bukan kali pertama namanya diabadikan menjadi nama jalan. Pada 2012, nama kolektor 17 titel Grand Slam itu juga diabadikan menjadi nama jalan di Halle, Jerman.

Nama jalan 'Roger-Federer-Allee' itu resmi diumumkan pemerintah kota Halle setelah Federer memenangi turnamen Gerry Weber Terbuka atau lebih dikenal dengan nama Halle Terbuka untuk kali kelima.

Pasca-pemberian nama jalan tersebut, Federer melanjutkan rekor kemenangan pada Halle Terbuka dengan raihan tiga kali lagi.