Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jadi Tim Tertajam Serie A, Roma Berani Naikkan Target

By Beri Bagja - Kamis, 21 April 2016 | 19:14 WIB
Kapten AS Roma, Francesco Totti, merayakan gol yang dia cetak ke gawang Torino dalam laga Serie A, 20 April 2016. (PAOLO BRUNO/GETTY IMAGES)

 Berbekal status tim tertajam Serie A musim ini, AS Roma berani menaikkan target mereka pada akhir kompetisi. Klub beralias I Lupi (Serigala) kini membidik jatah finis sebagai runner-up.

Berkat kemenangan dramatis 3-2 atas Torino (20/4/2016), Roma sudah mencetak total 73 gol sampai pekan ke-34. Jumlah tersebut sebiji di atas catatan gol Napoli, yang sehari sebelumnya mencukur Bologna 6-0. 

Raihan angka penuh pada laga tengah pekan ini juga krusial menjaga keyakinan awak Roma. Mereka kini semakin mantap di peringkat ketiga dengan mengoleksi 68 poin. Perolehan itu cuma kurang 5 angka dari sang runner-up klasemen, Napoli, dan unggul 7 poin atas Inter Milan.

Perbedaan selisih yang tipis dengan Napoli membuat personel I Lupi yakin dapat menyalip sang rival daripada sebatas puas dengan finis di peringkat ketiga.

73 - Jumlah gol yang dicetak AS Roma sampai pekan ke-34, terbanyak di Serie A sementara ini.

Status runner-up pada akhir musim akan menghasilkan tiket langsung ke fase grup Liga Champions 2016-2017, sedangkan tim peringkat ketiga harus melalui fase play-off lebih dulu.

"Kami percaya bisa mengamankan peringkat kedua. Tim harus melakukan persiapan matang untuk melanjutkan kemenangan saat menghadapi laga pada Senin," ucap gelandang Miralem Pjanic kepada Roma Radio.

Persiapan partai yang dimaksud Pjanic ialah agenda head-to-head dengan menjamu Napoli di Olimpico (25/4/2016). Pertandingan tersebut sangat vital karena menentukan nasib akhir kedua tim.

Roma harus menang jika ingin mewujudkan target finis di posisi kedua. Kemenangan atas Napoli akan memangkas jarak di antara mereka menjadi cuma dua poin.

Di lain pihak, Napoli wajib merengkuh tripoin jika masih ingin mencegah pesta scudetto Juventus awal pekan nanti.

[video]https://video.kompas.com/e/4854933196001_ackom_pballball[/video]