Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ducati: Tidak Sulit Meyakinkan Lorenzo untuk Bergabung

By Delia Mustikasari - Selasa, 19 April 2016 | 14:38 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo, mengangkat trofi pada MotoGP Americas di Circuit of The Americas, Texas. Lorenzo meraih podium kedua, Minggu (10/4/2016). (GETTY IMAGES)

Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, mengatakan bahwa pihaknya tidak menemui kesulitan untuk meyakinkan Juara Dunia MotoGP 2015, Jorge Lorenzo, untuk bergabung dengan tim pabrikan asal Italia itu pada 2017-2018.

Lorenzo yang saat ini masih memperkuat tim Movistar Yamaha telah memastikan diri bergabung dengan Ducati untuk kontrak selama dua tahun, Senin (18/4/2016).

Berbicara dengan Sky Italia yang dilansir Motorsport, Ciabatti mengatakan bahwa kesepakatan dengan Lorenzo berlangsung cepat. Pihaknya tidak mengalami kesulitan untuk meyakinkan dia bergabung bersama Ducati.

"Tahun ini kontrak semua pebalap papan atas berakhir dan kami sudah melakukan pendekatan beberapa waktu lalu," ujar Ciabatti.

Ciabatti mengakui bahwa negosiasi yang dilakukan kepada setiap pebalap memerlukan proses yang kompleks.

"Namun, kami berhasil mencapai kesepakatan cukup cepat. Kami percaya dengan kekuatan motor kami, Desmosedici GP16 yang tahun ini sangat kompetitif sehingga menjadi pembuka jalan bagi kesepakatan ini," tutur Ciabati.

Menurut Ciabatti, Lorenzo akan menjalani tes post season di Valencia pada November 2016.

"Tes ini merupakan langkah konvensional bagi semua tim pabrikan agar pebalap baru bisa beradaptasi dengan motor baru," ujar Ciabatti.

"Kami belum berbicara dengan Yamaha tentang rencana ini, tetapi kami berharap bisa bersama Lorenzo ketika menjajal trek di Valencia," ucap Ciabatti.

Lorenzo sudah bergabung dengan Yamaha sejak 2008. Pebalap Spanyol tersebut sudah memenangi 41 balapan dan tiga gelar juara dunia.

Ducati tidak memenangi persaingan sejak Casey Stoner pergi pada 2010. Pebalap asal Australia ini meraih gelar juara dunia pada 2007.