Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jika Berani, Mourinho Ditantang Latih Leeds United

By Suryo Wahono - Selasa, 19 April 2016 | 03:54 WIB
Selebrasi gol bek Leeds United, Sam Byram (kiri), saat berhasil membobol gawang Nottingham Forest dalam lanjutan Championship 2015-2016 di The City Ground, Nottingham, Inggris, pada 27 Desember 2015. (MATTHEW LEWIS/GETTY IMAGES)

Pemilik Leeds United, Massimo Cellino, dikenal suka membuat klaim-klaim kontroversial soal apa pun. Bahkan, dia pernah beberapa kali tersangkut kasus dengan pemain klub miliknya sendiri.

Kini, bos asal Italia itu mengaku telah mencoba memberi tantangan kepada Jose Mourinho untuk menjadi manajer klub yang bermarkas di Stadion Elland Road. Masalahnya tinggal apakah mantan manajer Chelsea itu punya nyali atau tidak.

Cellino membeli Leeds pada 2013 dan telah diberi julukan sebagai "pemakan manajer" karena reputasi sebagai pemilik Cagliari, yaitu memiliki rekor mengangkat 36 pelatih dalam 22 tahun. Sementara itu, Leeds saat ini ditangani oleh Steve Evans, tetapi tampaknya tak akan dipertahankan musim depan.

Sementara Cellino sedang mencari calon manajer baru, dia mengklaim telah 'memberi tantangan' itu kepada Mourinho.

Baca Juga:

"Saya tantang Mourinho. 'Bila Anda punya nyali, datang dan tangani Leeds. Bawa kembali Leeds ke Premier League, lalu ke Liga Champions. Itu baru keberanian.' Jika ingin bermain sepak bola, datanglah ke Leeds," kata Cellino seperti dikutip The Telegraph.

Menurut Cellino, Mourinho harus membuktikan kepada diri sendiri apakah masih pantas sebagai manajer dan hal itu tak bisa didapat dengan dengan melatih Manchester United. Pemilik klub yang anti dengan nomor 17 tersebut juga sempat mengaku telah dihubungi oleh Carlo Ancelotti.

"Ancelotti menghubungi saya. Dia berkata, ‘Massimo, bawa klub Anda ke Premier League dan saya akan datang. Sebab, satu-satunya tempat yang saya rindukan adalah Inggris’. Bagi saya, pelatih yang bagus tetap harus menunjukkan dirinya bagus. Datang ke sini dan tunjukkan," tuturnya lagi. 

Suporter Leeds sudah kerap marah dan kecewa dengan pemilik semena-mena ini. Leeds juga sering masuk berita bukan karena alasan yang baik. Beberapa waktu yang lalu, salah satu mantan pegawai di akademi. Lucy Ward, telah memenangi kasus terhadap Leeds akibat dipecat dan mendapat perlakuan diskriminatif.