Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tekuk PSG di Final, Tim Muda Chelsea Pertahankan Gelar Eropa

By Verdi Hendrawan - Selasa, 19 April 2016 | 04:20 WIB
Para pemain muda Chelsea berpose bersama trofi UEFA Youth League setelah berhasil menjadi juara usai menundukkan Paris Saint-Germain di partai final di Colovray Sports Centre, Nyon, Swiss, pada Senin (18/04/2016). (PHILIPP SCHMIDLI/GETTY IMAGES)

Tim muda Chelsea sukses menekuk Paris Saint-Germain dengan skor 2-1 di Colovray Sports Centre, Nyon, pada Senin (18/04/2016) pada final UEFA Youth League 2015-2016. Kemenangan tersebut membuat Chelsea sukses mempertahankan gelar yang mereka rebut pada musim lalu.

Bermain di tempat netral, PSG sebenarnya mampu menempatkan Chelsea berada di bawah tekanan lebih banyak. Begitu juga halnya dengan jumlah peluang.

PSG memiliki total percobaan ke gawang lawan sebanyak 18 kali, sedangkan Chelsea hanya memiliki delapan.

Namun, sebagian besar percobaan PSG itu berhasil diblok pemain bertahan Chelsea. Les Parisiens hanya memiliki empat sepakan tepat sasaran, yang juga dimiliki oleh The Blues.

Pada menit ke-10, Chelsea berhasil membuka keunggulan melalui sepakan Fikayo Tomori. Gol tersebut berasal dari bola muntah hasil tandukan Jack Clarke-Salter memanfaatkan umpan tendangan penjuru Kasey Palmer.

Baca Juga:

Dua menit berselang, PSG memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti setelah Tomori menjatuhkan Christopher Nkunku di area terlarang. Namun, eksekusi yang diemban oleh Jean-Kevin Augustin berhasil digagalkan kiper Bradley Collins.

Setelah memiliki beberapa peluang pada akir babak pertama dan awal babak kedua, PSG baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-58 melalui sepakan kaki kiri Yakou Meite yang tidak mampu dijangkau oleh Collins.

Namun, kedudukan imbang 1-1 itu hanya bertahan tiga menit. Pada menit ke-61, Chelsea kembali unggul melalui Palmer yang sukses menaklukan kiper Remy Deschamps dengan sebuah sepakan chips.

Tertinggal 1-2 membuat PSG meningkatkan serangan mereka dan mendominasi jalannya laga. Beberapa peluang sempat didapat melalui Ikone, Meite, dan Nkunku, tetapi skor 2-1 untuk Chelsea tidak berubah hingga akhir laga.

Kemenangan ini membuat Chelsea berhak meraih gelar kedua mereka di UEFA Youth League - kompetisi Liga Champions untuk tim U-19, sekaligus menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankannya secara berturut-turut.