Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Ke-500 Messi Gagal Selamatkan Barcelona

By Nugyasa Laksamana - Senin, 18 April 2016 | 03:24 WIB
Pemain FC Barcelona, Lionel Messi, tertunduk kala berhadapan dengan Valencia dalam lanjutan La Liga di Camp Nou, Minggu (14/4/2016) waktu setempat. Pada laga itu Barcelona kalah 1-2. (LLUIS GENE/AFP)

FC Barcelona secara mengejutkan kalah 1-2 kala menjamu Valencia dalam lanjutan Primera Division La Liga di Camp Nou, Minggu (17/4/2016) atau Senin dini hari WIB.

Valencia menang berkat gol bunuh diri Ivan Rakitic (26') dan sepakan Santi Mina (45'). Adapun Barcelona hanya memperkecil kedudukan melalui gol ke-500 Lionel Messi sepanjang kariernya, pada menit ke-63.

Dengan demikian, persaingan meraih gelar La Liga kembali ketat. Sebab, pada hari yang sama, Atletico Madrid sanggup meraih kemenangan 3-0 atas Granada.

Atletico kini mengemas poin serupa dengan Barcelona, yakni 76 poin. Hanya saja, Barcelona masih duduk di puncak klasemen karena lebih unggul produktivitas gol.

Sementara itu, kemenangan ini mengangkat Valencia ke peringkat ke-12 dengan perolehan 40 poin.

Pada laga kontra Valencia, Barcelona diperkuat oleh sejumlah pemain andalannya, termasuk trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar. Mereka pun mendominasi jalannya laga.

Akan tetapi, terlalu asyik menyerang membuat Barcelona lengah. Alhasil, pada menit ke-26, Valencia mampu membuka keunggulan lewat gol bunuh diri Rakitic.

Gol tersebut berawal dari serangan balik. Sepakan Guilherme Siqueira dari sudut sempit di sisi kiri membentur kaki Rakitic dan masuk ke gawang Claudio Bravo.

Tertinggal 0-1 membuat Barcelona meningkatkan intensitas serangan. Namun, bukan gol penyama kedudukan yang didapat, tetapi justru gawang mereka kembali kebobolan.

Kali ini giliran Santi Mina yang mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan lemahnya pertahanan El Barca, Dani Parejo menyodorkan bola yang diteruskan dengan baik oleh Santi Mina.