Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Laju Tontowi/Liliyana Terhenti pada Semifinal

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 16 April 2016 | 15:48 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, ketika berusaha mengembalikan kok pada babak semifinal Malaysia Terbuka di Malawati Stadium, Sabtu (9/4/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran nasional, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, gagal meraih tempat pada babak final Singapura Terbuka yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, 12-17 April.

Laju Tontowi/Liliyana terhenti pada babak semifinal, Sabtu (16/4/2016), setelah dikalahkan unggulan ketiga asal Korea Selatan, Ko Sung-hyun/Kim Ha-na, 14-21, 16-21, dalam tempo 34 menit.

Gim pertama dibuka dengan baik oleh Tontowi/Liliyana. Mereka sempat unggul 3-1 sebelum terlibat aksi saling kejar poin dengan Ko/Kim.

Namun, setelah mencapai interval dalam kedudukan 9-11, Tontowi/Liliyana tak mampu mengimbangi permainan Ko/Kim.

Puncaknya, saat Ko/Kim memenangi enam poin beruntun dalam kedudukan 13-11.

Tertinggal jauh membuat fokus bermain Tontowi/Liliyana mulai terganggu.

Kerap membuat kesalahan sendiri, unggulan teratas itu cuma bisa menambah tiga poin, sementara Ko/Kim yang hanya perlu dua poin untuk memenangi gim pertama, menyelesaikan misi mereka dengan baik.

Memasuki gim kedua, inkonsistensi permainan Tontowi/Liliyana masih terus menghantui. Mereka sempat tertinggal 8-5 dan 13-11 sebelum akhirnya menyalip menjadi 15-14.

Namun, keunggulan Tontowi/Liliyana ini tidak berjalan langgeng.

Pasca meraih empat poin beruntun dalam kedudukan 14-15, Ko/Kim memenangi tiga poin beruntun dalam kedudukan 18-16.