Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tontowi/Liliyana Susul Nitya/Greysia ke Semifinal

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 15 April 2016 | 18:39 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, ketika berusaha mengembalikan kok pada babak semifinal Malaysia Terbuka di Malawati Stadium, Sabtu (9/4/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menyusul Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii ke semifinal Singapura Terbuka 2016.

Tiket babak empat besar diraih Tontowi/Liliyana setelah mengalahkan wakil Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock, dengan skor identik 21-15, 21-15, di Singapore Indoor Stadium, Jumat (15/4/2016).

Ditempatkan sebagai unggulan kedua, Tontowi/Liliyana membuka pertandingan ke-13 kontra duo Adcock tersebut dengan baik.

Sejak perebutan poin pertama sampai ke-14, Tontowi/Liliyana selalu memimpin (9-5). Mereka berbalik tertinggal setelah Adcock/Adcock meraih lima poin beruntun (9-10).

Namun, Tontowi/Liliyana meraih dua poin secara berturut-turut yang mamastikan mereka menutup interval gim pertama dengan 11-10.

Selepas interval, permainan pasangan yang akrab disapa Owi/Butet ini makin solid. Berturut-turut mereka unggul 16-11, 17-14, dan 19-15, sebelum akhirnya memenangi gim pertama dengan marjin enam poin.

Unggul satu gim tak lantas membuat Tontowi/Liliyana berada di atas angin.

Pada gim kedua, ganda campuran berperingkat kedua dunia itu harus melewati fase kejar-mengejar poin secara sengit sebelum dapat melepaskan diri dari tekanan Adcock/Adcock.

Tontowi/Liliyana mencatat empat poin beruntun pada kedudukan 17-15 yang memastikan mereka menyudahi perlawanan Adcock/Adcock dengan kemenangan straight game.

Tontowi/Liliyana masih menunggu lawan untuk dihadapi pada babak semiifnal yakni antara Ko Sung-hyun/Kim Ha-na (Korea Selatan) dan Liu Yuchen/Tang Jinhua (China).