Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rafid Topan Ikut Balapan Moto2 European Championship 2016

By Verdi Hendrawan - Rabu, 13 April 2016 | 20:19 WIB
Pebalap motor Indonesia, Rafid Topan (ke-2 dari kiri) bersama dalam acara konferensi pers keikutsertaannya dalam Moto2 European Championship 2016 di Selasar Press Lounge, Gedung Pusat Niaga JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (13/4/2016). (VERDI HENDRAWAN/JUARA.NET)

Rafid Topan Sucipto menambah daftar pebalap Indonesia yang akan berlaga pada CEV International Championship 2016 kelas Moto2 European Championship.

"FIM CEV Moto2 European Championship adalah ajang balap yang tidak hanya popular di Eropa, tetapi juga dunia. Banyak pebalap MotoGP yang berasal dari sana," kata Rafid dalam konferensi pers yang digelar Dyandra Promosido selaku penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS), di Jakarta, Rabu (14/3/2016).

Pebalap berusia 21 tahun itu dijadwalkan mengikuti tujuh seri Moto2 European Championship, yang dimulai akhir pekan ini di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Rafid akan didukung beberapa sponsor, di antaranya IMI DKI, Evalube, dan KYT.

Moto2 European Championship ini merupakan bagian dari CEV International Championship. Balapan kedua dari delapan seri International Championship 2016 hanya digelar untuk kelas Moto3 Junior World Championship.

Rafid mendapat kesempatan berlaga di Moto2 European Championship tahun ini setelah mendapat undangan dari Chronos Corse Spanyol. Mereka menilai Rafid memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup di kejuaraan internasional.

Sebelumnya, Rafid pernah mengikuti seri Kejuaraan Dunia Moto2 pada 2013. Ia juga pernah turun pada Asia Road Racing Championship 2015 nomor supersport 600cc.

Selain Rafid, Indonesia memiliki wakil lain yang berlaga di nomor ini yaitu Dimas Ekky Pratama (Astra Honda Racing Team) dan Ali Adrian.

Dimas akan memulai persaingan pada seri pertama, akhir pekan ini, sementara Adrian baru akan turun pada seri kedua, akhir Mei.

Berikut jadwal Moto2 European Championship 2016.

Seri 1 (14-17 April): Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia
Seri 2 (27-29 Mei): Sirkuit MotorLand Aragon
Seri 3 (9-12 Juni): Sirkuit Barcelona-Catalunya
Seri 4 (3 Juli): Sirkuit de Albacete, Spanyol
Seri 5 (28 Agustus): Sirkuit do Algarve
Seri 6 (2 Oktober): Sirkuit Jerez
Seri 7 (20 November): Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia