Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hina Shakira, Espanyol Didenda Rp357 Juta

By Dwi Widijatmiko - Rabu, 13 April 2016 | 11:14 WIB
Bek Barcelona, Gerard Pique, berpose dengan Shakira usai membawa kubu Blaugrana menjuarai Copa del Rey di Camp Nou pada 30 Mei 2015. (DAVID RAMOS/GETTY IMAGES)

 Gara-gara ulah suporternya, Espanyol harus menanggung denda 24 ribu euro atau sekitar 357 juta rupiah, yang dijatuhkan oleh Federasi Sepak Bola Spanyol.

Espanyol didenda karena suporternya menyanyikan lagu ejekan dan membentangkan spanduk berisi kata-kata hinaan yang ditujukan kepada Shakira.

Shakira merupakan penyanyi terkenal sekaligus pasangan bek Barcelona, Gerard Pique. Barcelona sendiri adalah musuh bebuyutan dan rival derbi Espanyol.

Peristiwa itu terjadi pada 13 Januari 2016 dalam laga leg kedua babak 16 besar Copa del Rey di kandang Espanyol. Barcelona ketika itu menang 2-0 sekaligus memastikan diri lolos ke perempat final dengan keunggulan agregat 6-2.

Menjelang kick-off, sebagian suporter Espanyol membentangkan spanduk bertuliskan: “Shakira es de todos”, yang berarti “Shakira adalah milik semua orang”.

Bukan itu saja. Ada pula spanduk lain bertuliskan: “Antonio de la Rua – contigo empezo todo”, yang artinya “Semua dimulai oleh kamu Antonio de la Rua”.

Nama yang disebut terakhir ini adalah pasangan Shakira selama 11 tahun antara 2000 hingga 2011. Mulai bersama pada 2011, pasangan Pique-Shakira sudah dikaruniai seorang putra pada 22 Januari 2013. Anak itu diberi nama Milan Pique i Mebarak.