Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jakmania Makin Mendunia Usai Trofeo Persija

By Rabu, 13 April 2016 | 02:25 WIB
Salah jempol telunjuk khas Jakmania dari tribun atas SUGBK saat Trofeo Persija, Sabtu (9/4/2016). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

Tifo.net kembali membahas Jakmania. Semua itu dibahas mereka dua hari selepas pelaksanaan Trofeo Persija pada Sabtu (9/4/2016).  

Jakmania yang nyaris memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada turnamen segitiga akhir pekan lalu. Menurut Presiden Persija, Ferry Paulus, pada saat Trofeo Persija kali ini memang animo pendukung klub berjulukan Macan Kemayoran sangat tinggi.

”Euforia pada Trofeo Persija kemarin sangat tinggi. Saya tahu dan sadar sebab Jakmania lama tak menyaksikan Persija di Jakarta. Saya sempat diperingatkan Kapolda Metro Jaya, karena penonton yang membeludak,” kata Ferry kepada JUARA pada Senin (11/4/2016) pagi.

Menurut Ferry, panitia pelaksana (panpel) memprediksi kalau Trofeo Persija hanya akan dihadiri 40 ribu penonton. Mereka pun mencetak tiket di kisaran 50 ribu lembar untuk semua kelas dan nyaris sold out.


Ribuan Jakmania saat memenuhi SUGBK pada Trofeo Persija, Sabtu (9/4/2016). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

”Trofe Persija menghabiskan banyak tiket yang kami jual. Untuk tiket sisa, saya lihat hanya di kelas-kelas dengan harga tinggi dan jumlahnya hanya ribuan saja,” tuturnya.

Komentar Ferry Paulus itu nyaris sama dengan pengambaran dari Ultras-Tifo.net. Mereka menulis nyaris 88 ribu penonton memadati SUGBK untuk menyaksikan laga Persija kontra PSM Makassar serta Bali United.


Ulasan dari Ultras-Tifo.net terkait aksi Jakmania pada Trofeo Persija di SUGBK pada Sabtu (9/4/2016). (Ultras-Tifo.net)

Situs ini menuliskan kalau atmosfer yang diciptakan oleh fans tuan rumah, Jakmania sangat luar biasa. Mereka pun memajang foto-foto serta video riuh dan sangat ’hidupnya’ SUGBK oleh Jakmania plus kedatangan fans PSM maupun Bali United.

Bukan hanya sekali ini saja Ultras-Tifo.net menulis soal antusiasme Jakmania. Akhir tahun lalu tepatnya 28 November 2015, Jakmania yang tur ke Malang tepat pada ulang tahun Persija juga diulas. Karena, 10 ribu Jakmania melakoni awaydays ke Malang yang cukup jauh dengan kekuatan besar.