Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marquez Kuasai Austin, Rossi Tak Lanjutkan Balapan

By Delia Mustikasari - Senin, 11 April 2016 | 02:54 WIB
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, memacu motornya pada sesi latihan bebas ketiga GP Argentina di Circuit of The Americas, Sabtu (9/4/2016). (MOTOGP.COM)

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, kembali menguasai GP Americas ketika finis di posisi pertama setelah menjalani 21 lap pada balapan yang digelar di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Minggu (10/4/2016).

Hasil ini membuat pebalap asal Spanyol itu melakukan sapu bersih pada GP Americas. Dia selalu menjadi juara GP Americas sejak naik ke kelas MotoGP pada 2013.

Pada GP Argentina, 3 April, Marquez juga meraih podium pertama.

Finis di posisi kedua dan ketiga adalah pebalap Movistar Yamaha, Jorge  Lorenzo dan Andrea Iannone (Ducati). Melengkapi urutan lima besar adalah pebalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Pada lap pertama, Marquez yang berada di pole position mempertahankan posisinya hingga lap ketiga. Balapan kali ini diwarnai dengan beberapa insiden.

Ketika berada di tikungan ketiga saat balapan memasuki lap ketiga, pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi terlempar ke lintasan pasir sehingga dia tidak bisa melanjutkan balapan. Saat itu dia berada di posisi keenam.

Susunan pebalap terdepan menjadi Marquez, Andrea Dovizioso (Ducati), Lorenzo, dan Dani Pedrosa (Repsol Honda). Marquez masih berada di posisi terdepan hingga lap kelima.

Pada lap keenam, Dovizioso terjatuh setelah ditabrak pedrosa, sehingga tidak bisa melanjutkan balapan. 

Kondisi tersebut membuat pebalap Italia itu kehilangan peluang naik podium untuk kali kedua, sementara Pedrosa masih memacu tunggangannya untuk meneruskan balapan.

Insiden selanjutnya dialami Bradley Smith (GBR Yamaha Tech) dan Cal Crutchlow (LCR Honda) yang terjatuh pada lap kesembilan, tikungan 11. Namun, kedua pebalap masih bisa melanjutkan balapan

Pada lap ke-10 kedua pebalap Suzuki, Vinales dan Espargaro terlibat duel sengit dan Vinales berhasil meraih posisi keempat. Posisi pebalap terdepan pun menjadi Marquez, Lorenzo, Iannone,  Vinales, dan Espargaro.

Pada lap ke-12, Pedrosa yang sempat terjatuh tidak bisa melanjutkan balapan karena motornya mengalami masalah sehingga sikunya menyentuh aspal pada tikungan 16.