Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Gaal Berharap Sudah Bisa Tampilkan Rooney Hadapi Spurs

By Verdi Hendrawan - Minggu, 10 April 2016 | 00:42 WIB
Manajer Manchester United, Louis van Gaal (kanan), berdiskusi dengan Wayne Rooney dalam sesi latihan di Aon Training Complex, Manchester, Inggris, jelang pertandingan Liga Champions Grup B menghadapi PSV Eindhoven pada 24 November 2015. (MICHAEL REGAN/GETTY IMAGES)

Manajer Manchester United, Louis van Gaal, berharap sudah bisa memainkan kapten Wayne Rooney pada laga berat menghadapi Tottenham Hotspur di White Hart Lane, Minggu (10/4/2016).

Rooney mengalami cedera lutut sejak awal Februari 2016. Pemain berusia 30 tahun itu telah absen dalam 11 pertandingan Man United di semua ajang.

Kini Rooney telah kembali berlatih bersama rekan-rekannya dan menunjukkan performa yang memuaskan. Namun, Van Gaal masih belum yakin untuk memainkannya saat laga kontra Spurs.

Hal ini dikarenakan Van Gaal masih menilai kondisi fisik Rooney belum cukup fit untuk menjalani sebuah pertandingan kompetitif.

Sebelumnya, Van Gaal hanya akan mencoba menurunkan Rooney bersama tim U-21 pada pertandingan menghadapi Middlesbrough. Namun, kini peluang Wazza untuk tampil kembali terbuka.

"Saya berharap demikian. Saya sangat mengandalkannya," ucap Van Gaal kepada Sky Sports.

"Saya sudah mengatakan hal ini kepadanya, namun ia harus bisa segera fit untuk mendapat tempat di tim utama. Setelah itu, saya akan membandingkannya dengan para pemain yang telah bermain," katanya.

Selama ini, Van Gaal selalu memantau perkembangan Rooney dari waktu ke waktu. Segala hal ia pantau untuk mengetahui kesiapan Rooney bermain agar cederanya tidak kambuh dan dapat berkontribusi bagi tim.

"Kami berdua selalu berkomunikasi setiap hari. Kami juga berkomunikasi dengan dokter dan para pemain lain. Baru setelah itu kami membuat rencana permainan," tutur Van Gaal.

"Hal ini tidak sulit untuk dilakukan bersama semua pemain dan Wayne sangat terbuka dengan saya," ujarnya.