Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kejutan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying pada Malaysia Terbuka

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 10 April 2016 | 00:22 WIB
Pasangan ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, saat menghadapi Xu Chen/Ma Jin (China) pada laga final China Terbuka 2012 di Shanghai. (PETER PARKS/AFP PHOTO)

Kejutan besar kembali terjadi pada hari kelima atau babak semifinal turnamen Malaysia Terbuka yang berlangsung di Malawati Stadium, Shah Alam, Sabtu (9/4/2016).

Pasangan ganda campuran tuan rumah, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, tampil sebagai aktor utama.

Chan/Goh membuat kejutan dengan menyingkirkan unggulan pertama sekaligus juara bertahan, Zhang Nan/Zhao Yunlei (China), dalam pertarungan rubber game, 24-26, 21-15, 21-13.

Selain mengantar ke babak final, kemenangan Chan/Goh tersebut sekaligus memutus rekor buruk mereka saat menghadapi Zhang/Zhao.

Pada sembilan laga sebelumnya, pasangan ganda campuran berperingkat ke-12 itu selalu keok di tangan Zhang/Zhao.

"Kami sadar belum pernah menang dalam sembilan laga melawan mereka (Zhang/Zhao). Tetapi, dukungan penonton membangkitkan semangat kami. Kami senang bermain dalam atmosfer seperti itu," tutur Goh yang dilansir bwfbadminton.com.

Duet Chan/Goh menjadi wakil Malaysia pertama yang melangkah ke final. Jejak mereka kemudian diikuti jagoan tunggal putra Negeri Jiran, Lee Chong Wei.

Lee yang turun sebagai unggulan kedua menyusul Chan/Goh ke final setelah melibas Jan O Jorgensen (Denmark) dua gim langsung, 21-7, 21-14.

Pada babak final, Chan/Goh akan menjumpai wakil Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, sementara Lee ditantang sang juara bertahan dari China, Chen Long.

Lee dan Chan/Goh berpotensi mengulang prestasi Malaysia pada 2104. ketika itu, Lee dan Goh V Shem/Lim Khim Wah (ganda putra) mengharumkan nama negaranya dengan memenangi gelar juara Malaysia Terbuka.