Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Koscielny Selamatkan Wajah Arsenal dalam Derbi London

By Ade Jayadireja - Sabtu, 9 April 2016 | 20:43 WIB
Bek Arsenal, Laurent Koscielny, selebrasi usai mencetak gol ke gawnag West ham United, Sabtu (9/4/2016) (CLIVE ROSE/GETTY IMAGES)

Laga seru terjadi saat West Ham United menjamu Arsenal dalam laga derbi di Boleyn Ground, Sabtu (9/4/2016). Sempat unggul lebih dulu dan tertinggal, tim tamu berhasil memaksa laga berakhir imbang 3-3 berkat gol Laurent Koscielny.

Meski menang dalam hal penguasaan bola (61 persen berbanding 39 persen), Arsenal mendapat kejutan lebih dulu saat pertandingan baru berusia dua menit. Gawang mereka kebobolan via tandukan Manuel Lanzini, tetapi wasit menganulir gol tersebut karena offside.

Lanzini sempat menjebol gawang Arsenal pada menit ke-16, tetapi lagi-lagi wasit Craig Pawson menganulirnya. 

Arsenal akhirnya membuka keunggulan lewat gol Mesut Oezil pada menit ke-18. Memanfaatkan umpan terobosan Iwobi, gelandang asal Jerman itu masuk kotak penalti West Ham sebelum melepaskan tembakan yang bersarang di sudut kanan gawang Adrian.

Keunggulan Arsenal bertambah pada menit ke-35. Kali ini giliran Alexis Sanchez yang mencatatkan namanya di papan skor. Lagi-lagi diawali umpan Iwobi, Sanchez menempatkan bola di kanan gawang West Ham.

West Ham merespons. Pada menit ke-44, mereka memangkas selisih skor menjadi 1-2 berkat sundulan Andy Carroll yang memanfaatkan umpan Aaron Cresswell.

Hanya butuh satu menit bagi Carroll untuk mencatatkan gol keduanya ke gawang David Ospina sekaligus emnyamakan kedudukan jadi 2-2. Sepakan Carroll sempat diblok Gabriel, namun bola liar langsung dituntaskannya dengan tendangan gunting.

Carroll mencatatkan hattrick usai turun minum atau pada menit ke-52. Memanfaatkan tinggi badannya yang mencapai 193cm, eks juru gedor Liverpool FC itu tanpa kesulitan menanduk bola kiriman Michail Antonio untuk membalikkan keadaan menjadi 3-2.

Arsenal, yang semakin gencar menyerang usai kebobolan, berhasil mencetak gol balasan pada menit ke-70 melalui Laurent Koscielny. Bek asal Prancis itu meneruskan umpan Danny Wellbeck untuk membuat skor kembali seri.

Skuat asuhan Arsene Wenger terus membombardir pertahanan West di waktu yang tersisa. Namun, hingga wasit meniupkan peluit tanda pertandingan usai, tidak ada gol yang tercipta.

West Ham 3-3 Arsenal (Andy Carroll 44', 45', 52' ; Mesut Oezil 18', Alexis Sanchez 35', Laurent Koscielny 70')

West Ham United: 13-Adrian, 5-James Tomkins (Emmanuel Emenike 46'), 2-Winston Reid, 21-Angelo Ogbonna, 30-Michail Antonio, 3-Aaron Cresswell, 16-Mark Noble, 8-Cheikhou Kouyate, 27-Dimitri Payet, 28-Manuel Lanzini, 9-Andy Carroll

Pelatih: Slaven Bilic