Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Chen Long: Saya Hanya Mujur Bisa Kalahkan Jonatan Christie

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 9 April 2016 | 21:28 WIB
Pemain tunggal putri Indonesia, Jonatan Christie (kanan) berjabat tangan dengan pemain tunggal putra China, Chen Long pada babak semifinal Malaysia Terbuka di Malawati Stadium, Sabtu (9/4/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Pebulu tangkis tunggal putra nomor satu dunia, Chen Long, mengaku beruntung bisa melaju ke final Malaysia Terbuka 2016 yang digelar di Shah Alam, 5-10 April.

Chen nyaris angkat kaki setelah pada gim pertama semifinal di Malawati Stadium, Sabtu (9/4/2016), kalah telak 8-21 dari wakil Indonesia, Jonatan Christie.

Namun, juara bertahan Malaysia Terbuka itu membuktikan kelasnya. Pasca memenangi gim kedua, Chen menyudahi perlawanan Jonatan dengan skor 8-21, 21-19, 21-14.

"Saya cuma mujur," aku Chen yang dilansir bwfbadminton.com.

"Mungkin dia (Jonatan) akan belajar dari pengalaman pertandingan ini, karena saya mirip seperti dia saat saya masih muda," katanya melanjutkan.

Chen menjadi satu-satunya juara bertahan yang menembus babak final Malaysia Terbuka tahun ini.

Empat juara bertahan lain, Carolina Marin (tunggal putri), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra), Luo Ying/Luo Yu (ganda putri), dan Zhang Nan/Zhao Yunlei (ganda campuran) gagal mempertahankan titel mereka.

Marin (Spanyol) terhenti pada perempat final dari tangan pemain China, Wang Yihan, sedangkan Ahsan/Hendra harus mengakui keunggulan pasangan ganda putra Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding, juga pada babak perempat final.

Sebelumnya, duo Luo menjadi headline hari kedua turnamen setelah dibungkam Shizuka Matsuo/Mami Naito (Jepang).

Juara bertahan terakhir yang gugur di Malawati Stadium adalah ganda campuran nomor satu dunia, Zhang/Zhao.

Duo Z gagal melaju ke babak pamungkas seusai dipecundangi wakil tuan rumah, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, 26-24, 15-21, 13-21 setelah bertarung selama 1 jam 10 menit.