Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Abaikan Imbauan Barcelona, Brasil Ngotot Mainkan Neymar di Copa America dan Olimpiade

By Ade Jayadireja - Sabtu, 9 April 2016 | 19:06 WIB
Striker Brasil, Neymar Junior (atas), berebut bola dengan pemain Peru, Carlos Zambrano, dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, pada 17 November 2015. (BUDA MENDES/GETTY IMAGES)

Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) tetap akan memainkan Neymar di Copa America Centenario dan Olimpiade yang sama-sama berlangsung pada 2016. Mereka tidak menghiraukan imbauan FC Barcelona, klub tempat si pemain bernaung.

Sebelumnya, Josep Maria Bartomeu selaku Presiden Barcelona sudah mengirimkan surat kepada CBF. Dalam surat tersebut, mereka meminta agar otoritas tertinggi sepak bola Brasil menurunkan Neymar hanya pada satu turnamen.

Namun, CBF tetap ngotot ingin mengikutsertakan Neymar di Copa America dan Olimpiade. Kontribusi sang kapten sangat dibutuhkan Tim Samba.

Copa America akan berlangsung di Amerika Serikat mulai 4 Juni 2016, sedangkan Olimpiade Rio de Janeiro digelar pada 4 Agustus.

Baca juga:

"Federasi Sepak Bola Brasil telah menerima surat dari Josep Maria Bartomeu pada Jumat (8/4/2016) terkait keikutsertaan Neymar bersama tim nasional," bunyi pernyataan dari CBF.

"CBF akan melakukan segala hal agar Neymar bisa berpartisipasi di Copa America dan Olimpiade. Neymar sudah mengungkapkan keinginannya untuk ikut dalam dua turnamen," lanjut pernyataan tersebut.

Masalah kebugaran menjadi salah satu alasan Barcelona menahan Neymar untuk tampil dalam dua turnamen sekaligus. Mereka tidak ingin striker andalannya mengalami kelelahan.

Wajar apabila Balugrana, julukan Barca, sangat menjaga Neymar. Pasalnya, Neymar adalah aset berharga yang dimiliki Barca saat ini.

Neymar berperan memberikan 27 gol dan 23 assist untuk Barcelona di berbagai ajang musim 2015-2016. Berkat kontribusi kapten Tim Samba itu, sang raksasa Catalan berpeluang besar meraih titel La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

[video]https://video.kompas.com/e/4829929098001_ackom_pballball[/video]