Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Senyuman Jadi Kunci Dortmund Tahan Imbang Liverpool

By Ade Jayadireja - Jumat, 8 April 2016 | 20:51 WIB
Pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel, saat emngawal timnya dalam laga kontra Liverpool FC pada Kamis (7/4/2016) (PATRIK STOLLARZ / AFP)

Pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel, menginstruksikan pasukannya untuk bermain dengan hati gembira saat menjamu Liverpool FC pada leg pertama perempat final Liga Europa 2015-2016, Kamis (7/4/2016). Hasilnya, mereka menahan imbang tim tamu 1-1.

Dalam laga yang dimainkan di Stadion Signal Iduna Park, gawang Dortmund harus bobol lebih dulu pada menit ke-36. Adalah Divoc Origi yang menaklukkan Roman Weidenfeller lewat sepakan mendatarnya.

Matts Hummels muncul sebagai penyelamat Dortmund. Tandukan dari sang kapten membuat skor menjadi imbang pada babak kedua atau tepatnya menit ke-48.

Baca juga:

"Selama babak pertama, kami terlihat sangat gugup dan tegang. Saya lantas meminta tim untuk bermain dengan senyuman di wajah," ucap Tuchel selepas pertandingan.

"Untungnya, kami tampil lebih bagus pada babak kedua," kata pria berumur 42 tahun itu.

Dengan hasil imbang ini, Dortmund punya tugas lebih berat dibanding Liverpool. Mereka perlu menang satu gol dan tidak kebobolan saat gantian melawat ke Anfield pada 14 April 2016.

"Kami merasa masih sangat memiliki peluang pada leg kedua," kata Tuchel soal laga di rumah Liverpool.

[video]https://video.kompas.com/e/4830094074001_ackom_pballball[/video]