Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Selalu Ada Ruang Positif bagi Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo

By Jumat, 8 April 2016 | 21:03 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi kualifikasi GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Sabtu (2/4/2016). (JUAN MABROMATA/AFP PHOTO)

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo mempunyai banyak alasan untuk tetap optimistis menjelang GP Americas pada Minggu (10/4/2016).

Penulis: Christian Gunawan

Yamaha masih bisa tersenyum di Argentina. Mengabaikan faktor keberuntungan bisa sangat keliru bagi pabrikan Jepang ini.

Keberpihakan nasib baik, seperti yang terjadi di Argentina, bisa dianggap sebagai salah satu syarat kesuksesan seorang pebalap dan tim, bahkan sebesar Yamaha.

Perpaduan kemampuan balap dan motor bagus serta nasib baik yang tersenyum kepada dua pebalap Yamaha itu bakal membuat Rossi dan Lorenzo tampil sempurna di atas trek dalam GP Americas.

Rossi dan Yamaha telah menunjukkannya di Argentina dan boleh jadi akan terus terlihat sepanjang musim ini.

Namun, ban belakang masih menjadi isu terbesar Rossi. Ban yang kini dipasok Michelin ini sudah diperkirakan sejak akhir musim lalu akan menjadi faktor penting untuk kompetisi 2016.

Walau mengandung penyesalan kecil sekaligus kegembiraan akibat nasib baik pada putaran terakhir, Rossi menyiratkan bahwa masalah Yamaha tak terletak pada paket motor YZR-M1 yang sudah mumpuni sejak fase tes pramusim.

“Dua puluh poin ini sangat penting dalam kejuaraan. Saya merasa sangat puas terhadap tim saya dan Yamaha karena ini merupakan podium pertama saya,” ujar Rossi, yang masih menjadi pelahap lap tercepat, 1 menit 39,019 detik, saat balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo tahun lalu.

Mesti cukup sabar