Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi Ingin Ulang Histori pada GP Americas

By Diya Farida Purnawangsuni - Kamis, 7 April 2016 | 14:23 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi kualifikasi GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Sabtu (2/4/2016). (JUAN MABROMATA/AFP PHOTO)

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengaku ingin mengulang histori manis tahun lalu, saat datang ke Austin untuk menjalani GP Americas, 8-10 April.

Pada GP Americas 2015, Rossi berhasil naik podium setelah finis ketiga, di belakang Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati).

"Saya senang bisa kembali ke Texas dan membalap di Circuit of The Americas (CoTA). Kami harus bekerja keras di Austin karena ini krusial untuk memahami secara cepat bagaimana motor, ban, elektronik, dan trek bekerja bersamaan," tutur Rossi seperti dilansir Crash.net, Kamis (7/4/2016).

Tahun ini merupakan kali keempat GP Americas digelar. Dari tiga penyelenggaraan sebelumnya, Marquez selalu keluar sebagai pemenang.

"Berdasarkan hasil sebelumnya, ini adalah sirkuit yang sulit bagi kami dan Yamaha. Tetapi, tahun lalu saya berhasil mencapai podium, jadi saya akan mencobanya lagi tahun ini," kata Rossi.

Sampai seri kedua MotoGP 2016, Rossi tercatat baru sekali naik podium menyusul hasil finis di urutan kedua pada GP Argentina, akhir pekan lalu. Marquez kaluar sebagai pemenang.

Pada GP Qatar, yang merupakan seri perdana, pertengahan Maret, pebalap 37 tahun tersebut finis di urutan keempat. Podium Sirkuti Losail dikuasai Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha), Dovizioso, dan Marquez.

Rossi saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan tabungan 33 angka, tertinggal delapan poin dari Marquez yang berada di puncak.