Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub Vietnam Kalahkan Juara Korea di Liga Champions Asia

By Rabu, 6 April 2016 | 23:05 WIB
Striker sekaligus kapten Becamex Binh Duong, Nguyen Anh Duc mencetak dua dari tiga gol kemenangan klubnya ke gawang Jeonbuk Hyundai pada laga Grup E Liga Champions Asia, Rabu (6/4/2016). (VIETNAMNET.VN)

League atau Liga Vietnam 2015, Becamex Binh Duong, sementara jadi klub terbaik Asia Tenggara, Liga Champions Asia (LCA) 2016. Penyebabnya, klub berjulukan Chelsea of Vietnam menang atas juara Liga Korea 2015, Jeonbuk Hyundai Motors, Rabu (6/4/2016).

Becamex Binh Duong adalah satu dari dua wakil ASEAN pada LCA 2016. Namun, catatan hasil pada fase grup kompetisi level atas antar klub Benua Kuning, Binh Duong, jauh lebih baik dari wakil Thailand, Buriram United yang belum pernah menang.

Pada lanjutan laga Grup E di Stadion Go Dau, Becamex Binh Duong menang atas tamunya, Jeonbuk Hyundai dengan skor tipis, 3-2. Kapten sekaligus striker tuan rumah, Nguyen Anh Duc mencetak dua gol pada laga dan semuanya melalui sepakan penalti.

Anh Duc mencetak gol pada menit ke-12 dan 88’. Sedangkan satu gol lain dari Binh Duong disumbangkan oleh striker asal Kamerun, Christian Nsi Amougou, pada menit ke-35. Gol dari Jeonbuk Hyundai dicetak oleh Lee Jong-ho (27’) dan Han Kyo Won (28).

Tetapi, Jeonbuk Hyundai pada laga ini main sembilan pemain setelah Kim Chang Soo dan Kim Hyun-il diusir wasit. Mereka dikartu merah oleh wasit asal Kyrgystan, Dmitry Mashentsev, pada menit ke-78 dan 86.’

Kekalahan ini membuat Jeonbuk Hyundai turun ke posisi kedua klasemen sementara dengan nilai enam. Mereka digeser wakil Jepang FC Tokyo, yang pada saat sama menang atas tuan rumah, Jiangsu Suning (China) dengan skor 2-1.

Jiangsu Suning yang diperkuat eks pemain Chelsea, Ramires, dan mantan penyerang Man. City, Jo atau Joao Alves, gagal berbuat banyak pada laga ini. Bek sekaligus kapten FC Tokyo, Masato Morishige membuka keunggulan klubnya pada menit ke-30.

Empat menit kemudian, Jo melalui sepakan 12 pas menyamakan skor. Tetapi, Morishige membuat suporter tuan rumah terdiam pada menit ke-83 setelah sukses mencetak gol keduanya pada laga ini. Dia mencetak gol setelah memaksimalkan umpan Takuji Yonemoto.


Striker asal Brasil milik Jiangsu Suning, Joao Alves alias Jo (9) duel di udara dengan bek FC Tokyo, Masato Morishige, pada laga Liga Champions Asia 2016. (MASASHI HARA/GETTY IMAGES)