Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Neymar Terjerat antara Copa America dan Olimpiade

By Ade Jayadireja - Senin, 4 April 2016 | 21:52 WIB
Striker Brasil, Neymar Junior (atas), berebut bola dengan pemain Peru, Carlos Zambrano, dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, pada 17 November 2015. (BUDA MENDES/GETTY IMAGES)

Striker FC Barcelona, Neymar, berada di persimpangan jalan. Ia harus memilih antara tampil di Copa America Centenario atau Olimpiade 2016.

Copa America akan berlangsung di Amerika Serikat mulai 4 Juni 2016. Sementara itu, Olimpiade Rio de Janeiro digelar pada 4 Agustus.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, tak setuju apabila Neymar memperkuat Brasil dalam dua turnamen sekaligus. Ia tidak ingin striker andalannya mengalami kelelahan.

"Mustahil untuk membujuk kami supaya si pemain tampil dalam dua turnamen," kata Bartomeu seperti dikutip Inside World Football.

Baca juga:


"Kami mengerti betapa pentingnya Copa America. Akan tetapi, kami menganggap bahwa pemain butuh istirahat setelah melewati dua musim luar biasa," kata sang presiden. 

Bagi Bartomeu, akan lebih baik apabila Neymar turun di Olimpiade dibanding Copa America.

"Kami tidak masalah kalau Neymar bermain di Olimpiade. Klub akan senang dan saya juga bakal membawa dia andai saya menjadi pelatih Brasil," kata Bartomeu.

Wajar apabila Bartomeu sangat menjaga Neymar. Pasalnya, Neymar adalah aset berharga yang dimiliki Barca saat ini.

Neymar berperan memberikan 27 gol dan 23 assist untuk Barcelona di berbagai ajang musim 2015-2016. Berkat kontribusi kapten Tim Samba itu, sang raksasa Catalan berpeluang besar meraih titel La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

[video]https://video.kompas.com/e/4829400460001_ackom_pballball[/video]