Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Poin Perdana McLaren Musim Ini Justru Datang dari Juara GP2

By Senin, 4 April 2016 | 21:25 WIB
Pebalap Campos Racing asal Indonesia, Rio Haryanto (tengah), memenangi sprint race GP2 Austria di Sirkuit Red Bull, Spielberg, Minggu (21/6/2015). Stoffel Vandoorne (kiri) finis kedua dan Nobuharu Matsushita di ketiga. (GP2 SERIES)

SAKHIR, JUARA.net – Pebalap Belgia dari tim McLaren, Stoffel Vandoorne, sukses menyumbangkan poin perdana untuk timnya pada musim balap 2016.

Stoffel Vandoorne merupakan pebalap cadangan di McLaren, turun mengisi posisi yang ditinggalkan pebalap utama, Fernando Alonso.

Pebalap Spanyol yang juga merupakan juara dunia musim 2005 dan 2006 itu gagal menjalani tes medis setelah sebelumnya sempat mengalami kecelakaan maut di GP Australia, (20/3/2016).

Vandoorne sukses melakukan debut manis dengan finis di urutan ke-10.

Sementara pebalap McLaren lain yang juga merupakan juara dunia musim 2009, Jenson Button, gagal finis setelah mengalami kerusakan mesin pada lap keenam.

Dengan finis ke-10, Vandoorne dan McLaren berhak mendapat satu poin di klasemen pebalap dan konstruktor, yang juga merupakan poin perdana McLaren musim ini.

“Hasil ini kurang lebih sesuai yang saya harapkan, saya maksimalkan semua peluang yang ada, dan saya cukup puas,” kata Vandoorne seperti dilansir situs resmi Formula1.

Vandoorne sebelumnya tidak ikut menguji mobil McLaren musim ini pada uji coba pramusim di Circuit de Barcelona-Catalunya, Februari-Maret.

Vandoorne hanya pernah mencicipi mobil F1 milik McLaren saat uji coba ban Pirelli di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, 1 Desember lalu.

Saat itu, Vandoorne mencatatkan waktu putaran tercepat, dengan waktu 1 menit dan 44,103 detik, lebih cepat dari duo Ferrari, Kimi Raikkonen (1:44,456) dan Sebastian Vettel (1:44,940).