Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sanksi Turun 3 Posisi Start dan 1 Poin Penalti untuk Iannone

By Pipit Puspita Rini - Senin, 4 April 2016 | 08:44 WIB
Pebalap Ducati, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso, terjatuh tepat di depan pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, pada balapan GP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2016). (MIRCO LAZZARI/GETTY IMAGES)

Pebalap Ducati, Andrea Iannone, dikenai hukuman turun tiga posisi start pada balapan seri berikutnya dan satu poin penalti menyusul kesalahannya pada balapan GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2016).

"Pada 3 April 2016, saat lap terakhir balapan MotoGP Argentina, Anda mencoba melewati pebalap nomor 4, dengan terlalu percaya diri, Anda kehilangan kendali motor yang menyebabkan kontak dan jatuhnya pebalap tersebut," demikian pernyataan dari Race Direction.

Iannone dan rekan satu timnya, Andrea Dovizioso, bersaing ketat untuk memperebutkan posisi finis kedua pada beberapa lap terakhir balapan.

Pada lap pamungkas, di tikungan kedua terakhir, Iannone mencoba melewati Dovizioso dari sisi kanan. Namun, Iannone kehilangan kendali ban depan lalu terjauh dan membawa Dovizioso ikut serta.

Dovizioso segera bangkit dan dengan berlari dia menuntun motornya untuk melewati garis finis. Pebalap Italia tersebut finis di urutan ke-13 atau yang terakhir.

Iannone menjadi pebalap ke-8 yang gagal finis pada balapan 20 putaran tersebut.

Jatuhnya Iannone dan Dovizioso membuka jalan bagi pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, untuk finis di urutan kedua. Balapan dimenangi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.