Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pilihan Skenario Balapan GP Argentina

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 3 April 2016 | 22:36 WIB
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, memacu motornya pada sesi latihan bebas ketiga GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Sabtu (2/4/2016). (JUAN MABROMATA/AFP PHOTO)

Para pebalap MotoGP dihadapkan pada situasi yang belum pasti jelang berlangsungnya balapan GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2016).

Hal ini berkaitan dengan pemakaian ban belakang yang disediakan Michelin.

Setelah sesi kualifikasi, Sabtu (2/4/2016), Michelin mengumumkan akan menarik ban belakang (hard dan medium) yang semula dialokasikan untuk akhir pekan ini. Mereka akan menggantinya dengan ban medium berkonstruksi lebih kaku.

Michelin memutuskan hal tersebut menyusul insiden yang menimpa Scott Redding (Octo Pramac) pada sesi latihan bebas keempat, Sabtu (2/4/2016).

Namun, dengan turunnya hujan pada Minggu pagi waktu setempat, para pebalap tidak mendapat kesempatan untuk menguji ban baru yang disiapkan Michelin.

Berikut ini adalah beberapa wacana yang akan diberlakakukan saat balapan. Balapan akan berlangsung Minggu mulai pukul 16.00 waktu setempat (Senin 02.00 WIB).

  • Jika balapan dimulai dengan kondisi lintasan kering, para pebalap akan memakai ban belakang lama yang memang dialokasikan untuk akhir pekan di Argentina. Pebalap bebas mimilih ban hard atau medium. Namun, balapan akan berlangsung flag to flag selama 20 lap. Pebalap wajib berganti motor dengan ban baru pada akhir lap ke-9, atau ke-10, atau ke-11.
  • Jika balapan dimulai ketika lintasan masih basah lalu mengering, Race Direction akan memutuskan apakah balapan berbahaya bagi pebalap. Jika berbahaya, bendera merah akan dikibarkan dan balapan dihentikan sementara. Setelah persiapan start selama 15 menit, balapan kembali dimulai dan akan berlangsung 10 putaran. Jika hujan kembali turun saat balapan dan lintasan menjadi basah, pebalap bisa berganti motor.
  • Jika balapan dimulai ketika lintasan masih basah dan tidak mengering, balapan akan berlangsung normal sebanyak 25 putaran.
  • Pemakaian ban intermediate diperbolehkan.