Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Scott Redding: Ada yang Menghantam Saya dari Belakang...

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 3 April 2016 | 07:23 WIB
Pebalap Octo Pramac asal Inggris, Scott Redding, menunggu di garasi Sirkuit Losail, Qatar, saat menjalani tes pramusim MotoGP 2016, Jumat (4/3/2016). (MIRCO LAZZARI/GETTY IMAGES)

Pebalap Octo Pramac, Scott Redding, mampu mengontrol motornya dan terhindar dari kecelakaan karena ban belakang yang rusak saat turun pada sesi latihan bebas keempat GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Sabtu (2/4/2016).

"Itu terjadi di tikungan cepat, dengan gigi kelima. Lalu ada yang salah dengan ban belakang. Semula saya pikir itu bagian swing arm, dan saya pikir itu akan jadi bencana," kata Redding.

"Lalu sesuatu menghantam saya dari belakang, yang saya duga adalah bagian luar lapisan ban. Saya bisa mengontrol motor dan ketika melihat ban, saya seperti tahu apa yang terjadi," ujar pebalap Inggris tersebut.

Redding melihat bahwa bagian luar ban belakangnya terkelupas. Dia yakin bagian itulah yang menghantam belakang tubuhnya.

"Bisa saja terjadi hal yang lebih buruk dan saya sedikit kesakitan, tetapi itulah balapan. Hal seperti ini tidak memberimu kepercayaan diri dan setiap kali saya bergetar ketika melewati lintasan yang bergelombang, saya berpikir 'sial, jangan lagi'," aku pebalap 23 tahun tersebut.

Redding menutup sesi tersebut dengan berada di posisi keenam tercepat, lalu mengunci posisi start ke-14 pada sesi kualifikasi.

Setelah kualifikasi, Michelin mengumumkan akan menarik dua jenis ban belakang yang sudah mereka sediakan dan menggantinya dengan ban berkonstruksi lebih kaku yang akan dipakai saat balapan, Minggu (3/4/2016).

Para pebalap mendapat tambahan 30 menit sesi pemanasan untuk lebih mengenal ban baru tersebut. Hal ini berarti mereka punya total 50 menit sesi pemanasan.