Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jelang El Clasico, Luis Suarez Lebih Tajam 2 Kali Lipat di Camp Nou

By Beri Bagja - Sabtu, 2 April 2016 | 18:38 WIB
Dua bintang FC Barcelona, Luis Suarez (kiri) dan Lionel Messi, merayakan gol dalam laga kontra Rayo Vallecano, 3 Maret 2016. (DENIS DOYLE/GETTY IMAGES)

Laga akbar el clasico antara FC Barcelona kontra Real Madrid di Camp Nou, Sabtu (2/4/2016) atau Minggu dini hari WIB, bakal mempertemukan dua pemuncak daftar raja gol sementara La Liga. Bomber tuan rumah, Luis Suarez, punya asa menyalip bintang tim tamu, Cristiano Ronaldo.

Sampai pekan ke-30, Luis Suarez mencetak 26 gol. Koleksinya kurang dua gol dari perolehan Ronaldo.

Bagi Suarez, tampil di Camp Nou membuka kesempatan dirinya menyamai atau mungkin melampaui catatan gol sang rival.

Modal Suarez ialah ketajaman mengerikan saban main di depan publik sendiri. 

Penyerang Uruguay berusia 29 tahun itu menelurkan 17 dari 26 golnya tersebut di kandang Barcelona. Sisa 9 gol lahir di laga tandang.

Artinya, level ketajaman Suarez meningkat hampir dua kali lipat di Camp Nou.

0,93 - Rasio gol per partai Luis Suarez di La Liga musim ini. Ia mencetak 26 gol dalam 28 penampilan.

Selain dari aspek gol, kontribusinya lebih menonjol pula soal pasokan assist di kandang. Suarez mencatat 8 assist di Camp Nou alias dua kali lipat dari sumbangan dalam kategori yang sama di luar kandang (4 assist).

Dalam data yang disajikan Whoscored, bisa diamati pula peningkatan kinerja Suarez di Camp Nou mencakup rataan tembakan per gim, konversi peluang, operan kunci, serta dribel.

Menjadi lengkap ketika pakar Liga Spanyol Tabloid BOLA, Sapto Haryo Rajasa, juga menjagokan Suarez bakal jadi bintang dalam laga el clasico nanti.