Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jorge Lorenzo: Inilah Balapan...

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 2 April 2016 | 06:01 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo, memacu motornya pada sesi latihan bebas pertama GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Jumat (1/4/2016). (JUAN MABROMATA/AFP PHOTO)

Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, langsung dihadapkan pada kondisi sulit saat turun pada hari pertama GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Jumat (1/4/2016).

Setelah hasil fantastis pada GP Qatar, dua pekan lalu, Lorenzo berada di urutan ke-14 pada latihan bebas GP Argentina. Dengan 1 menit 42,819 detik, dia terpaut 1,240 detik dari Marc Marquez yang menjadi pebalap tercepat.

"Sangat sulit. Inilah balapan. Terkadang kamu di atas, terkadang ada masalah. Kalian harus melihat hal secara positif. Namun, jelas bahwa hari ini bukan salah satu hari terbaik saya," kata Lorenzo usai sesi.

Lorenzo mengalami masalah untuk beradaptasi dengan lintasan yang bergelombang dan licin. Dia melihat ban depannya dengan serius sebelum masuk garasi, pada akhir sesi latihan.

"Kami mengalami masalah dengan aspal lintasan di sini, yang tidak berubah dalam beberapa tahun. Di sini tetap sangat kotor dan tidak ada cengkeraman, terutama saat pengereman," aku pebalap Spanyol tersebut.

Sebagai perbandingan, pada hari pertama GP Argentina 2015, Lorenzo mencatat putaran terbaik 1 menit 44,750 detik pada latihan bebas pertama. Dia mempertajam putarannya menjadi 1 menit 39,463 detik pada latihan kedua.

Tahun ini, dari 1 menit 44,742 detik pada latihan bebas pertama, dia hanya bisa menajamkan waktunya menjadi 1 menit 42,819 detik pada sesi kedua.

"Satu-satunya hal yang bisa kami lakukan adalah mencoba meningkatkan kinerja motor dan berusaha lebih kompetitif, besok (Sabtu)," kata Lorenzo.

Lorenzo dan para pebalap lainnya akan menjalani sesi latihan bebas ketiga dan keempat pada Sabtu (2/4/2016), yang akan dilanjutkan dengan sesi kualifikasi.