Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marquez: Kondisi Lintasan Sangat Aneh

By Sabtu, 2 April 2016 | 05:35 WIB
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez (kanan), berpose dengan penggemar yang meminta foto bersama sebelum menjalani sesi latihan bebas GP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Jumat (1/4/2016). (JUAN MABROMATA/JUAN MABROMATA)

Setelah hasil kurang menjanjikan selama tes pramusim, Marc Marquez membuat kejutan dengan berhasil finis di urutan ketiga pada GP Qatar, dua pekan lalu.

Kejutan pebalap Repsol Honda tersebut berlanjut akhir pekan ini. Marquez menjadi yang tercepat pada latihan bebas hari pertama GP Argentina, Jumat (1/4/2016).

"Tentu saja saya senang karena menjadi yang tercepat! Namun, jujur saja kondisi lintasan sangat aneh, sangat licin," kata Marquez setelah menyelesaikan sesi di Autodromo Termas de Rio Hondo.

Pada sesi latihan bebas pertama, Jumat pagi waktu setempat, Marquez menjadi tercepat kedua di bawah pebalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Siangnya, pada sesi latihan bebas kedua, dia melejit dengan putaran tercepat 1 menit 41,579 detik. Rekan satu timnya, Dani Pedrosa, berada di urutan kedua dengan 1 menit 41,604 detik.

Hanya kedua pebalap tersebut yang berhasil mencatat putaran di bawah 1 menit 42 detik. Namun, putaran Marquez tersebut masih terpaut 2,5 detik dari rekor putaran balapan milik Valentino Rossi yang dibuat pada 2015 (1 menit 39,019 detik).

"Sepertinya, ketika tidak ada cengkeraman ban, kinerja motor Honda tidak terlalu buruk. Namun, saya rasa kami juga ada masalah di beberapa area, yang seharusnya bisa kami kembangkan besok (Sabtu)," kata Marquez menambahkan.

Marquez juga mengingatkan bahwa beberapa pebalap ada yang menggunakan ban lama atau baru. Jenis ban belakang yang dipilih pun berbeda-beda. Hal ini berarti hasil hari pertama belum bisa jadi patokan.

"Kunci untuk akhir pekan ini adalah memahami lewat latihan demi latihan, di mana kami harus mengembangkan dan mencoba setelan yang pas dengan kondisi linatsan yang berubah. Saat ini, ban hard berfungsi dengan baik," ujar pebalap 23 tahun tersebut.

Marquez juga ditanya seputar kondisi lintasan yang masih kotor.