Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Posisi Manolo Gabbiadini Berubah, Nasib Membaik?

By Sabtu, 2 April 2016 | 08:16 WIB
Aksi Manolo Gabbiadini saat pertandingan persahabatan nternasional antara Italia dan Romania di Stadio Renato Dall'Arra tanggal 17 November, 2015, di Bologna, Italia. (CLAUDIO VILLA/GETTY IMAGES)

Musim ini Napoli memiliki lima pemain depan: Gonzalo Higuain, Lorenzo Insigne, Jose Callejon, Dries Mertens, dan Manolo Gabbiadini. Dari kelima penyerang itu, Gabbiadini punya menit bermain paling sedikit di Serie A dibandingkan yang lain, yaitu hanya 289 menit.   

Penulis: Dian Savitri   

Posisi Gabbiadini sama dengan Higuain, penyerang murni. Beda dari Higuain, yang menjadi pencetak gol terbanyak klub itu musim ini dengan 29 gol di Serie A, tidak demikian dengan Gabbiadini.   

Jangankan berharap bisa membela Italia pada Euro 2016 di Prancis nanti, pemain berusia 24 tahun itu baru satu kali menjalani laga sebagai anggota starting XI.

Sisanya dilalui sebagai pemain pengganti atau tidak dimainkan sama sekali walau ia ada dalam skuat pada pekan itu.   

Gabbiadini dan Higuain baru sama-sama bermain sebagai pasangan satu kali, yaitu ketika bertandang ke Empoli, 13 September tahun lalu, dengan skor akhir 2-2.

Di pertandingan itu juga Gabbiadini bermain paling lama sepanjang musim ini, yaitu 65 menit.

Gabbiadini belum pernah bermain selama 90 menit. Pada tiga partai pertama musim ini hingga pertandingan melawan Empoli itu, pelatih Napoli, Maurizio Sarri, memakai formasi 4-3- 1-2.

Dengan demikian, masih ada harapan untuk Gabbiadini mendampingi Higuain.   

Akan tetapi, mulai pekan ke-4, Sarri mengubah formasi. Hingga pekan ke-30, 20 Maret lalu atau sebelum jeda pertandingan antarnegara, Sarri selalu memakai formasi 4-3-3.

Higuain di tengah, Insigne sebagai sayap kiri, dan Callejon di sayap kanan. Apalagi kini setelah Napoli terlempar dari kancah Liga Europa. Kesempatan Gabbiadini untuk tampil pun jadi semakin terbatas.  

Meski demikian, ketika Sarri menurunkan dirinya pada per tandingan melawan Genoa, 20 Maret, pada menit ke-74 menggantikan Insigne, Gabbiadini menggunakan kesempatan itu untuk menunjukkan bahwa dirinya pun tidak mengecewa kan bermain sebagai sayap.  

Pada pertandingan itu, Gabbiadini membuat satu assist untuk gol Omar El Kaddouri pada injury time. Gabbiadini bahkan membuat operan yang indah untuk gol itu.